Motor Honda Terbaru Ini Cocok & Murah buat Tren Retro

Kata orang, mode itu berputar. Tren yang tadinya sudah usang kini bisa kembali keren. Ungkapan tersebut kayaknya pas juga kalau disematkan pada tren dunia otomotif kita. Ya, sebagaimana Bro semua ketahui, retro kini menjelma jadi sebuah tren. Motor-motor keren dengan konsep tracker, cafe racer, dan japstyle kembali bermunculan di jalan-jalan raya. Lucunya, Honda sudah melakukan ini dengan mengeluarkan Scoopy jauh sebelum tren retro mewabah, Bro. Tentu saja harga motor Scoopy tak semahal motor-motor retro itu.

Memang, Bro, mahal dan murah itu relatif. Bila dibandingkan dengan BeAT, harga motor Scoopy sebenarnya lumayan mahal. Sebagai perbandingan, ini adalah daftar harga motor Honda terbaru dari BeAT.

– Harga motor Honda BeAT eSP CW Rp15.505.000
– Harga motor Honda BeAT eSP CBS Rp15.705.000
– Harga motor Honda BeAT eSP CBS ISS Rp16.565.000
– Harga motor Honda BeAT Pop eSP CW Rp15.055.000
– Harga motor Honda BeAT Pop eSP CBS Rp15.255.000
– Harga motor Honda BeAT Pop eSP ISS Rp15.755.000
– Harga motor Honda BeAT Street eSP Rp16.180.000

 

Lalu, ini adalah harga motor Honda Scoopy.

– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish Black Rp18,6 juta
– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish White Rp18,6 juta
– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish Matte Red Rp18,6 juta
– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish Matte Brown Rp18,6 juta
– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish Sporty Red Rp18,6 juta
– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish Sporty White Rp18,6 juta
– Harga motor Honda Scoopy eSp Stylish Sporty Black Rp18,6 juta

Betul. Broku nggak salah lihat. Semua varian motor Scoopy dibanderol dengan harga yang sama. Jadi, Broku nggak usah ribet mikirin harga. Tinggal pilih varian, terus hajar deh! Kalau mau main pikir-pikiran, mending pikirin cara bayarnya aja tuh. Hehehe.

Bro semua di mana pun berada, sebenarnya ada keuntungan tersendiri perihal mengamalkan ajaran-ajaran retro lewat Scoopy. Pertama, hasrat retro bisa tersalurkan tanpa harus berat di ongkos. Yah, namanya juga kepengin, kadang kita harus rogoh kocek dulu buat kustom motor biar tampil retro. Kalau duit udah kebanyakan sih santai aja, Bro. Tapi kalau kantong lagi cekak, wah, bisa puasa Senin-Kamis tuh ngejalaninnya.

Kedua, kalau emang Broku merasa kurang afdol, tinggal tambahkan aja aksesorinya. Satu aksesori ini aja udah cukup: helm retro. Harganya juga paling Rp250 ribu aja. Begitu helm retro nempel di kepala, “sah” sudah status Broku sebagai pengendara beraliran retro.

Nanti, kalau emang ada rezekinya, bolehlah itu Scoopy mau diubah sedikit-sedikit sambil Bro membudayakan nabung. Apalagi, Scoopy termasuk skuter irit karena mengusung teknologi eSP. Kalau bisa gaya sekaligus ngirit, kenapa nggak? Betul begitu, Bro?

Btw, Bro udah tahu apa itu eSP?

Barangkali Broku belum tahu atau lupa, eSP adalah singkatan dari enhanced Smart Power. Ini adalah rangkaian teknologi mesin Honda yang terdiri dari beberapa komponen. Beberapa komponen yang terdapat pada teknologi eSP adalah sebagai berikut.

ACG Starter
ACG Starter adalah teknologi yang berfungsi untuk mengurangi gesekan sehingga Bro bisa menghidupkan mesin dengan lebih halus tanpa suara. ACG juga mendukung fungsi fitur ISS (Idling Stop System), Bro.

Offset Cylinder
Offset Cylinder berfungsi untuk mengurangi gesekan antara piston dan silinder. Caranya adalah dengan mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft.

Roller Type Rocker Arm
Teknologi ini menggunakan shell-type Needle Bearing sebagai porosnya. Dengan demikian, gesekan dan beban pegas katup dapat dikurangi.

Spinny Sleeve
Tekstur berduri dinding silinder yang menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

Squish
Berfungsi supaya pengapian lebih baik dan pembakaran jadi lebih cepat.

Tumble
Berfungsi supaya bahan bakar tersebar secara merata sehingga menjadikan pembakaran berlangsung dengan lebih baik.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, Bro, eSP adalah rangkaian teknologi mesin. Meskipun tergolong canggih, performanya masih bisa dioptimalkan.

Nah, agar bisa tampil maksimal, eSP membutuhkan beberapa teknologi yang bersifat mendukung, di antaranya adalah sebagai berikut.

Teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar yang menggunakan teknologi semprot sehingga pemakaian bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Teknologi CBS (Combi Brake System)
Teknologi ini diaktifkan dengan menarik tuas rem kiri sehingga rem belakang dan depan dapat berfungsi dengan optimal dan bersamaan.

Teknologi ISS (Idling Stop System)
ISS adalah teknologi yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis. Teknologi ini dirancang untuk mengurangi emisi dan konsumsi bahan bakar saat kondisi diam. Untuk menyalakan mesin kembali, Bro hanya perlu memutar sedikit tuas gas.

 

Sumber: https://review.bukalapak.com/auto/beat-scoopy-vario-sampai-pcx-ini-harga-sepeda-motor-terlengkap-dari-honda-67704

 

Bonus: Inspirasi foto modifikasi Honda Scoopy

Be the first to comment on "Motor Honda Terbaru Ini Cocok & Murah buat Tren Retro"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*