Trik Modifikasi Motor Kawasaki W175: Dropseat Tracker!

 

Modifikasi Kawasaki W175 adalah tren yang kini begitu menjamur di kalangan biker. Didongkrak populeritasnya oleh presiden kita, Joko Widodo, motor Kawasaki W175 berubah jadi buah bibir yang tidak ada habisnya. Fleksibilitas yang ditawarkannya membuat motor ini jadi pilihan utama bagi para penggemar motor custom di seantero Tanah Air.

kawasaki-motor.co.id

Percaya atau tidak, modifikasi tak melulu bicara soal bentuk yang ciamik, tetapi juga tentang fungsionalitas. Tujuannya apa lagi kalau bukan penggunaan sehari-hari.

Kita tentu paham bahwa Scrambler, Cafe Racer, dan Tracker adalah aliran modifikasi yang cukup populer di negeri ini. Pun demikian halnya dengan Brat Style dan Jap Style.

Namun, ada satu lagi jenis modifikasi yang sempurna buat kamu yang memiliki tubuh tak terlalu tinggi (di bawah 160 cm), tetapi butuh tunggangan dengan ground clearance yang tinggi, baik untuk menghindari banjir maupun sekadar melahap polisi tidur yang tinggi di lingkungan sekitar rumah. Kalau kamu tergolong orang seperti itu, aliran satu ini wajib “diwaspadai”.

Dropseat tracker.

 

 

Penasaran bagaimana cara modifikasi motor Kawasaki W175 dengan “aliran” dropseat tracker? Arie Perkasa dari Street Arts Custom punya jawabannya. Mari kita kulik.

Dari namanya, terkesan bahwa dropseat tracker adalah turunan dari gaya modifikasi tracker. Sah-sah saja bila kamu berpikir seperti itu. Yang jelas, ada beberapa ubahan besar yang perlu dilakukan untuk mewujudkan kuda besi dengan konsep dropseat tracker, yaitu subframe belakang dan panjang wheel base.

Subframe belakang Kawasaki W175 jadi bagian yang wajib diubah. Sebab, perubahan pada bagian ini sangat dibutuhkan untuk menurunkan tempat duduk sekaligus menambah panjang wheel base alias memanjangkan jarak antara roda depan dan belakang.

Dalam mengubah subframe belakang, panjang swing arm tidak perlu diubah. Arie mengakalinya saja dengan memundurkan posisi as belakang.

Nah, untuk memundurkan posisi as belakang, Arie harus membuat dudukan baru dan rangka baru. Dengan demikian, motor yang dia garap bisa dibuat lebih panjang sekitar 10 cm. Lumayan, kan?

Setelah itu, bagian depan adalah area yang wajib diubah. Suspensi Yamaha Byson original biasanya jadi favorit buat modifikasi kaki depan W175. Untuk itu, segitiga atas perlu dibuat custom untuk suspensi Byson. Dengan begitu, getaran dari arah depan pun bisa diredam.

 

Untuk bagian ban, Arie menggunakan ban Shinko SR 241 ukuran 350 untuk ban depan dan ukuran 400 untuk ban belakang.

Tarikan rem belakang juga tidak luput dari bagian yang dia utak-atik. Bagian ini aslinya mengandalkan besi panjang sebagaimana motor standar pada umumnya. Nah, demi menarik tuas rem tromol belakang, rantai bisa digunakan untuk menggantikan besi panjang. Penghubung rantai satu per satu dia las sehingga rantai bisa sekuat besi panjang yang dia gantikan.

 

Setelah bodi selesai dibuat, motor ini siap untuk masuk ke tahap selanjutnya, yaitu penghalusan dan pengecetan rangka dan bodi.

Rangka motor pertama-tama digerinda dengan menggunakan gerinda kawat. Ini berguna untuk menghilangkan karat dan sisa pengelasan. Baru selanjutnya diberi pengecetan dasar dan diberi warna hitam glossy.

Sementara itu, bodi motor tetap diberikan warna hijau doff. Bedanya, kali ini warna hijau yang dipilih akan lebih kental daripada aslinya.

Nah, karena customer Arie adalah penggemar tokoh Punisher, maka aksen tengkorak khas Punisher pun diberikan di beberapa bagian, termasuk pada bagian tangki motornya.

Begitu cat pada bodi dan rangka motor kering, kita merakit ulang motor Kawasaki W175 dropseat tracker. Pastikan untuk merakit ulang dengan hati-hati sesuai konsep.

Setelah bagian-bagian utama dan mesin terpasang dengan baik pada rangka motor, pekerjaan dilanjutkan dengan mengatur pengkabelan di motor ini. Setelah itu, baru bagian jok diberikan busa dan dilapis dengan kulit sintetis.

Bagaimana hasil akhirnya? Mari kita cek gambar-gambar di bawah ini.

 

 

 

Gimana, naksir dengan modifikasi custom Kawasaki W175 satu ini? Barangkali, kamu perlu hubungi Street Art Custom via akun instagramnya, yaitu @streetartscustom.

Be the first to comment on "Trik Modifikasi Motor Kawasaki W175: Dropseat Tracker!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*