Vixion R: Motor Sport Sensasi R15 dengan Harga Lebih Terjangkau

Tren berkendara roda dua mengarah pada motor matic dan motor sport. Yamaha tampaknya sudah membaca tren ini dengan baik. Sebab, Yamaha Vixion telah hadir sejak lebih dari 10 tahun lalu. Kehadirannya seakan menjawab kebutuhan orang akan motor sport yang bisa dikendarai untuk penggunaan harian.

Pertanyaannya, kenapa Vixion?

 

1. Motor sport dengan bobot ringan

Kalau diingat lagi, era kejayaan Yamaha hadir dan kokoh berkat kehadiran RX-King, motor laki bergaya naked bike yang tak hanya jago ngacir, tetapi juga lincah kala diajak bermanuver dalam kondisi lalu lintas yang padat. Yamaha ingin mengadopsi ciri-ciri itu. Hasilnya, Vixion menjelma sebagai motor sport Yamaha yang terasa ringan.

Orang yang terbiasa menaiki Tiger boleh jadi akan kaget ketika mencoba menunggangi Vixion kala itu. Sebab, meskipun sesama naked bike, bobot Vixion terasa lebih ringan daripada Tiger. Entah bagaimana cara teknisi Yamaha membuat motor ini terasa ringan; apakah mengakali desain rangka atau memilih material metal yang lebih ringan? Yang jelas, Vixion termasuk motor sport ringan pada eranya, poin keunggulan yang kemudian Yamaha teruskan pada Byson.

2. Andalan Yamaha

Sejak kelahirannya pada 2007 sampai sekarang, Yamaha Vixion terus mengalami penyegaran. Ini sebenarnya sudah cukup dijadikan pertanda bahwa Yamaha punya upaya serius untuk memanjangkan umur Vixion. Boleh jadi, penyebabnya adalah angka penjualan yang bagus. Vixion sukses bikin semua orang di Yamaha merasa happy.

Kondisi semacam itu tidak hanya bagus untuk Yamaha, tetapi juga bagi para penggunanya. Dengan penyegaran yang konstan, Yamaha memerhatikan dengan serius kebutuhan konsumennya. Bila pabrik menaruh perhatian yang begitu besar pada suatu produk, sudah sewajarnya kamu mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Dalam hal ini, Vixion adalah motor yang dimaksud. Ya, dia adalah andalan Yamaha di kelas sport 150cc.

3. Sensasi R15, namun dengan harga terjangkau

Boleh jadi tidak semua orang sadar akan hal ini: Vixion diberikan beberapa fitur canggih R15. Lho, kok bisa? Maksudnya?

Menyambut satu dekade usia Vixion, April 2017 lalu, Yamaha mengeluarkan dua varian baru Vixion sekaligus. Yang pertama adalah All New Vixion. Yang kedua adalah All New Vixion R yang merupakan suksesor New Vixion Advance.

ntokblog. com

Baik All New Vixion maupun All New Vixion R sama-sama mengalami perubahan radikal, baik dari sisi tampilan maupun teknologi yang disematkan pada mesin. Namun, yang paling menarik untuk diamati adalah strategi Yamaha dalam memperbarui mesin All New Vixion dan All New Vixion R.

All New Vixion dibekali oleh mesin 149,8 cc dengan fitur-fitur seperti SOHC, bore x stroke 57 x 58,7 mm, dan transmisi 5 percepatan. Mesin ini sanggup menyemburkan tenaga maksimal 16,4 dk/8.500 rpm dan torsi puncak 14.5 Nm/7.500 rpm.

Sementara itu, All New Vixion R lebih superior karena dibekali dapur pacu 155,1 cc dengan fitur SOHC, bore x stroke 58 x 58,7 mm, dan transmisi 6 percepatan. Semburan tenaga maksimalnya adalah 19,1 dk/10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8.500 rpm.

indomoto. com

 

 

 

 

 

 

 

 

Lalu, pada bagian mana kita dapat menikmati sensasi R15 di All New Vixion dan All New Vixion R?

Yang pertama adalah fitur Assist & Slipper Clutch. Ini adalah teknologi yang memungkinkan perpindahan transmisi menjadi lebih mulus dan cepat; cocok untuk Anda yang sedang bergegas sekaligus ingin menikmati akselerasi yang Vixion tawarkan. Sebelumnya, teknologi ini hanya ada di R15. Sekarang, kedua varian terbaru Vixion juga telah dilengkapi Assist & Slipper Clutch, jadi sensasi R15 bisa diicip.

Sensasi R15 kedua yang bisa dinikmati pada kedua varian terbaru Vixion adalah Variable Valve Actuation (VVA). Untuk informasi Anda, keberhasilan Yamaha dalam meracik sistem Variable Valve Actuation (VVA) atau katup intake variatif pada mesin Yamaha R15 bikin mereka ketagihan dan yakin bahwa penggunaan teknologi pengolahan tenaga dengan intervensi ini mampu meningkatkan performa efisiensi Vixion dan Vixion R. Dengan demikian, motor bisa lebih efisien dalam penggunaan BBM sekaligus sigap saat Anda membutuhkan semburan tenaga terbaiknya pada putaran tinggi.

Apakah pengadopsian teknologi Yamaha R15 membuat harga All New Vixion dan All New Vixion R sama mahalnya?

Kedua varian All New Vixion tersebut masing-masing dibanderol Rp26 juta dan Rp29,5 juta. Namun, khusus varian Movista, banderolnya adalah Rp26,7 juta. Bandingkan dengan R15 yang dibanderol Rp34,5 juta. Ini belum termasuk keuntungan lainnya, misalnya badan jadi lebih rileks karena Vixion memang dirancang untuk jadi tunggangan harian sehingga tak bikin badan pegal.

indomoto. com

Bagaimana, sudah jatuh hati pada Yamaha Vixion?

Be the first to comment on "Vixion R: Motor Sport Sensasi R15 dengan Harga Lebih Terjangkau"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*