Inilah 4 Pemain Naturalisasi yang Paling Cemerlang di Timnas  

 

Dunia sepak bola di Indonesia bisa dibilang memang kurang berkembang dengan minimnya prestasi. Hal ini menjadikan PSSI pun harus putar otak untuk bisa mengembangkan dunia sepak bola tanah air. Salah satu jalan yang ditempuh memang terbilang instan yaitu dengan adanya program naturalisasi. Program yang satu ini adalah program khusus untuk pemain dengan darah keturunan masih Indonesia dan sudah banyak melintang di dunia sepak bola Indonesia. Memang tak dapat dipungkiri jika semua pemain naturalisasi ini mampu memberikan pengaruh besar namun tetap saja ada pemain yang cemerlang diantaranya.

 

Para pemain dengan program naturalisasi yang bisa dibilang paling gemilang diantara pemain lainnya, yaitu:

Cristian Gonzales

Yang pertama adalah pemain dengan darah asli Uruguay yakni Cristian Gonzales dimana merupakan pemain yang pertama kali dinaturalisasi. Perjuangannya demi bisa dapatkan status warga negara Indonesia bukan perjuangan yang mudah meski dirinya sudah memperistri wanita asli Indonesia. Prestasi yang paling tidak bisa dilupakan adalah ketika dirinya berhasil memperkuat Timnas di ajang AFF 2010 ke final meski memang harus kalah melawan negara tetangga, Malaysia.

Irfan Bachdim

Sama seperti Cristian Gonzales, Irfan Bachdim juga dinaturalisasi untuk bisa memperkuat timnas di ajang AFF di tahun 2010 lalu. Pemain keturunan Belanda yang satu ini memang terbukti mampu membantu timnas untuk bisa ke final AFF dan memegang trofi juara dua. Saat ini dirinya berada di Bali United dan masih aktif di dunia sepak bola. Selain itu, karena paras tampannya, dirinya juga kerapkali didapuk menjadi bintang iklan beberapa produk.

Diego Michiels

Selanjutnya ada pemain naturalisasi asal Belanda, yakni Diego Michiels. Pemain yang masih punya darah Indonesia ini sudah dinaturalisasi sehingga bisa perkuat Indonesia digelaran Sea Games 2011. Posisinya sebagai bek kanan. Dalam skuat timnas, dirinya memang memiliki peran yang penting sehingga tak heran jika Diego Michiels banyak diidolakan, terutama oleh kaum hawa. Saat ini dirinya bermain bersama Borneo FC.

Stefano Lilipaly

Sejak tahun 2011 Stefano Lilipaly sudah dinaturalisasi Indonesia. Namun untuk karirnya yang paling cemerlang dan mampu membawanya di popularitas adalah di tahun 2016 dimana dirinya membantu Timnas untuk bisa lolos final AFF 2016. Meski timnas gagal untuk juara, namun dirinya masih tetap jadi kebanggaan Indonesia karena usaha kerasnya bersama timnas saat itu.

 

Itulah beberapa pemain naturalisasi yang memiliki karir cukup gemilang di dunia sepak bola Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 13 pemain yang dinaturalisasi. Diharapkan dengan adanya para pemain tersebut, maka sepak bola Indonesia bisa kian berkembang dan mampu memperkuat Indonesia ke ajang yang lebih tinggi lagi.

 

Be the first to comment on "Inilah 4 Pemain Naturalisasi yang Paling Cemerlang di Timnas  "

Leave a comment

Your email address will not be published.


*