4 Kiat Berikut Menjadikan Kamera Digital Kesayangan Lebih Awet

Bagi yang suka fotografi dijamin memiliki kamera andalan, tidak harus kamera canggih bisa mengandalkan kamera di handphone atau kamera digital model saku. Kamera saku masuk kategori kamera jenis digital karena memang sudah tidak memakai film foto dan bidikannya tersimpan di kartu memori sehingga pengolahannya bisa dilakukan secara digital. Asalkan paham bagaimana mengambil sudut obyek secara tepat dan melakukan pengaturan kamera sesuai kondisi di tempat Anda membidik, maka dijamin hasil kamera biasa sebanding dengan kamera canggih.

Kiat Menjadikan Kamera Jenis Digital Lebih Awet

Kamera yang bagus tentu perlu dirawat dengan baik sehingga bisa digunakan setiap saat dengan hasil bidikan yang memuaskan. Kamera jenis digital bisa lebih awet asalkan memberikan perawatan tepat, berikut kiat-kiat menjadikannya tahan lama:

  • Jauhkan dari sinar matahari langsung,

Sinar matahari tentu bisa membakar beberapa komponen di dalam kamera jenis ini maka baiknya tidak melakukan kontak langsung. Keluarkan kamera setelah membidik bisa disimpan lagi sehingga tidak terlalu lama terpanggang matahari. Asalkan memperhatikan point ini maka kamera lebih awet sebab sinar matahari memang berdampak buruk pada lensa dan komponen lain di dalam kamera tersebut.

  • Simpan di tempat bersih dan bebas kapur barus,

Penyimpanan kamera digital untuk waktu sebentar baiknya tetap di dalam kantong khusus atau pocket khusus kamera tersebut. Namun jika disimpan untuk waktu lama baiknya dibiarkan terbuka dan menjaga ruang penyimpanan tetap kering. Jauhkan dari sinar matahari langsung, tidak berdekatan dengan elektronik yang menghasilkan panas, serta wajib dalam kondisi bersih. Jauhkan pula dari kapur barus sehingga tidak akan dimasukkan ke dalam lemari pakaian karena kapur barus punya efek merusak lensa.

  • Hindari guncangan pada kamera,

Guncangan yang terjadi pada kamera bisa membuatnya berbenturan dengan benda keras dan menimbulkan goresan. Kalau goresan ini terjadi di bagian lensa maka dijamin hasil bidikannya menjadi kurang sempurna bahkan tidak bisa membidik obyek sama sekali. Maka lindungi dari guncangan dan ketika diajak bepergian pastikan ditempatkan pada tas khusus, sehingga aman meski melewati medan tidak rata. Guncangan bisa berdampak buruk pada kualitas lensa maka wajib dihindari maka perlu hati-hati saat memasukkannya ke tas.

  • Berikan service secara berkala,

Tidak hanya motor dan mobil pribadi yang perlu di service ke bengkel secara rutin agar kondisinya selalu prima. Kamera jenis ini pun perlu sesekali diajak ke lokasi service secara berkala, paling tidak setahun sekali untuk mendapatkan pemeriksaan. Beberapa komponen yang telah aus sudah bisa diganti dengan yang kondisinya lebih baik sehingga menopang performa kamera tersebut tetap optimal. Service inipun baiknya dilakukan di lokasi service center sesuai merek kamera digital yang dimiliki, supaya hasilnya maksimal dan terjamin aman.

Be the first to comment on "4 Kiat Berikut Menjadikan Kamera Digital Kesayangan Lebih Awet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*