5 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Laptop Lemot

Masalah Laptop Lemot

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak orang yang mulai meninggalkan PC dan beralih menggunakan laptop. Bentuknya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, menjadi sedikit dari alasan peralihan tersebut. Sayangnya, meskipun bentuknya lebih praktis, tidak bisa dipungkiri lemot bisa saja terjadi pada laptop. Mulai dari ukuran RAM yang terlalu kecil, sistem windows yang sudah eror, atau karena terjangkit virus. Kalau sudah lemot, banyak masalah baru pun akan muncul pada laptopmu. Tidak hanya membuatmu kesal karena pekerjaan atau tugasmu menjadi terhambat tapi juga bisa membuat laptop tidak bisa konek wifi,

Kamu tentu nggak mau hal-hal itu terjadi ke laptopmu, kan? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui 5 penyebab dan cara mengatasi masalah laptop lemot, yuk!

1. Kecepatan Data dari Hard Disk ke Prosesor Lambat

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna laptop adalah lambatnya kecepatan memindahkan data. Selain itu, juga proses booting yang terlalu lama dan laptop menjadi lemot.

Untuk mengatasi hal ini, akan lebih baik kalau kamu mengganti hard disk ke SSD. Sudah banyak yang membuktikan pada akhirnya proses booting-nya menjadi jauh lebih cepat dan laptop jauh lebih responsif.

2. Sistem Windows yang Eror

Penggunaan software yang tidak optimal atau sebagaimana mestinya juga bisa menjadikan laptopmu error. Bila sudah parah lemotnya, kamu pun pasti merasa kesal dan langsung berpikiran untuk membeli laptop baru.

Eits, tunggu dulu! jangan terburu-buru membuang laptopmu yang lemot itu dan langsung membeli laptop yang baru. Coba cek dahulu sistem windowsnya. Reset atau install ulang bisa menjadi cara mengatasi laptopmu yang lemot itu. Kamu pun bisa menjadi lebih menghemat uang.

3. Terkena Virus

Ada berbagai macam virus yang menjangkiti laptopmu. Sumbernya pun bisa dari mana saja. Dan ketika laptopmu terkena virus, mau tidak mau laptopmu pun menjadi berkerja lebih ekstra dan menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, kamu harus menyediakan antivirus yang paling mutakhir. Kalau perlu, sediakan dua macam antivirus yang berbeda. Karena terkadang ada beberapa jenis virus yang hanya bisa diatasi dengan jenis antivirus tertentu. Jangan lupa juga untuk melakukan full scan dengan antivirus tersebut sehingga laptopmu menjadi lebih aman.

4. Terlalu Banyak Software

Saat menggunakan laptop, tak jarang kamu akan menginstall banyak software di dalamnya. Namun sayangnya, laptopmu tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menyimpan semua software tersebut. Sudah begitu, banyak dari software tersebut yang pada akhirnya tidak terpakai.

Daripada hanya membera-berati laptopmu, akan lebih baik kalau kamu meng-uninstall software-software yang tidak terpakai. Sehingga nantinya laptopmu pun bisa berjalan dengan optimal.

5. RAM Terlalu Kecil

Umumnya ketika baru pertama kali membeli laptop, masih banyak yang hanya dibekali dengan RAM 4GB atau bahkan 2GB. Padahal zaman sekarang banyak aplikasi yang membutuhkan RAM sebesar 8GB. Kalau kamu memaksakan untuk tetap menginstall aplikasi tersebut dengan laptopmu yang ukuran RAMnya masih kecil, nantinya pasti akan membuat laptopmu lemot atau bahkan aplikasinya crash.

Untuk mengatasinya tentu saja kamu harus melakukan upgrade RAM minimal 8 GB. Kalau perlu, perhatikan juga keperluanmu. Kalau membutuhkan banyak aplikasi yang memerlukan RAM 8GB, jangan ragu-ragu untuk upgrade RAM hingga 16 GB. Karena dengan begitu, laptopmu akan lebih bebas lemot.

Itulah tadi beberapa penyebab kenapa laptop bisa menjadi sangat lemot. Semoga setelah membacanya kamu jadi bisa terbantu untuk mengatasinya, ya!

Sumber: https://review.bukalapak.com/gadget/mengatasi-5-masalah-laptop-yang-tidak-bisa-terkoneksi-dengan-wifi-3585

Be the first to comment on "5 Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Laptop Lemot"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*