Ciri-ciri Artikel Terkini yang Membuat Penasaran Pembaca

Kebutuhan masyarakat akan berita cepat, aktual, dan terkini membuat banyak bermunculan media-media yang berlomba-lomba menampilkan berita dan artikel terkini. Gejala bermunculannya media-media baru banyak kita temukan di internet. Bak gayung bersambut, para pembaca berita di internet memang membutuhkan berita terkini yang menarik perhatian. Namun, banyaknya media-media baru tersebut membuat kita sulit membedakan apakah konten artikel atau berita yang disajikan media atau situs tersebut benar-benar fakta atau hanya gosip belaka.

Membuat berita dan artikel yang menarik sudah menjadi kebiasaan banyak media online demi menarik kunjungan para pembaca, sebab semakin banyak pembaca yang datang dan mengunjungi situs berita tersebut, maka nama media tersebut semakin terkenal sehingga mereka mendapatkan banyak keuntungan dari penayangan iklan yang dihitung dari jumlah klik. Agar kita tidak terjebak oleh media yang hanya ingin meraup keuntungan namun mengabaikan konten berita atau artikelnya, berikut ini kiat-kiat mengenali ciri-ciri artikel terkini yang sengaja ditampilkan suatu media online demi membuat penasaran pembaca.

Gejala utama dari kebanyakan situs online yang hanya ingin mendapatkan kunjungan pembaca adalah dengan cara membuat judul yang bombastis dan terkesan heboh agar pembaca menjadi penasaran. Contoh-contoh judul artikel yang bombastis misalnya selalu menggunakan judul yang memantik rasa penasaran, seperti: “Ini Dia yang Belum Anda Ketahui Tentang ….” atau “Lelaki Ini Melakukan Sesuatu yang Tidak Pernah Anda Duga” atau “Lihatlah yang Terjadi Pada Orang Ini, Anda Akan Terkejut.” Judul-judul tersebut sangatlah memantik pertanyaan, kita tidak pernah tahu tentang apa yang terjadi, dan seolah-olah hal yang mereka beritakan adalah sesuatu yang luar biasa. Rasa penasaran tersebut membuat kita terpancing untuk mengunjungi situs penyedia artikel tersebut. Dan ketika kita sudah membaca artikel tersebut secara keseluruhan, ternyata kejadian yang terjadi pada seseorang dalam artikel tersebut tidak terlalu luar biasa.

Baca juga: Artikel Terkini Tentang Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

Selain judul yang bombastis, media online juga sering sengaja memotong judul agar pembaca menjadi penasaran. Sebagai contoh, media online sering memberi judul artikel: “Ssssttttt, Si … dan Si … Kepergok Berci ….” atau “Artis Cantik Ini Memamerkan Isi …”. Memotong judul berita tentu akan membuat kita sebagai pembaca bertanya-tanya, menduga-duga, dan bahkan mengambil kesimpulan sendiri dengan melanjutkan judul yang terpotong tersebut. Inilah yang memang diinginkan oleh situs penyedia artikel atau berita yang hanya ingin meraup banyak pengunjung.

Siasat lain yang dilakukan situs-situs online yang hanya menginginkan keuntungan dari kunjungan pembaca adalah dengan cara mencari sensasi dengan membuat gosip-gosip murahan tentang artis atau tokoh-tokoh yang terkenal dan berpengaruh, misalnya dengan membuat artikel yang penuh dengan bumbu-bumbu gosip, yang patut diragukan kebenarannya. Sebagai pembaca, kita harus pandai memilah dan memilih artikel terkini yang dapat dipercaya. Jangan sampai kita termakan berita atau hasutan situs-situs online penebar sensasi yang hanya ingin meraup keuntungan besar dari berita atau artikel yang mereka buat.

Be the first to comment on "Ciri-ciri Artikel Terkini yang Membuat Penasaran Pembaca"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*