Deretan Tokoh yang Memiliki Pengaruh Besar Pada Perkembangan Internet

Deretan Tokoh yang Memiliki Pengaruh Besar Pada Perkembangan Internet

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa banyak perubahan di dunia. Termasuk di dalamnya adalah penggunaan internet. Hingga kini, tidak ada yang tidak menggunakan jaringan internet untuk menjalankan berbagai aktivitasnya. Perkembangan internet membuat banyak orang terbantu dalam bekerja mulai dari berkomunikasi, bertransaksi dan mencari informasi bisa Anda dapatkan melalui jaringan internet.

Deretan Tokoh yang Memiliki Pengaruh Besar Pada Perkembangan Internet

Perkembangan internet tentunya tidak serta merta terjadi tanpa adanya unsur kesengajaan atau peran seseorang di balik layar. Adanya jaringan ini merupakan hasil karya tokoh-tokoh visioner dan kreatif. Berikut beberapa tokoh yang harus Anda kenali sebagai orang yang berjasa bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama adanya internet.

Vint Cerf dan Bob Khan

Tokoh pertama yang memiliki peran besar pada keberadaan internet di dunia. Mereka merupakan tokoh yang telah berhasil menciptakan bahasa komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antara komputer yang satu dengan yang lainnya di dalam satu jaringan. Kini bahasa komputer lebih dikenal dengan sebutan TCP atau IP.

Tim Berners Lee

Tokoh kedua yang memiliki peran besar pada perkembangan internet adalah Tim. Ia merupakan orang pertama yang telah berhasil menulis halaman web dan server. Ia adalah orang yang menemukan konsep www. atau World Wide Web yang merupakan standarisasi dari sebuah web. Hingga kini www masih terus dikembangkan melalui World Wide Wed Consortium (W3C).

Ray Tomlinson

Tokoh yang memiliki peran selanjutnya adalah Ray. Ia merupakan penggagas pertama berkirim pesan melalui jaringan internet atau yang lebih dikenal sebagai email/surat elektronik. Dengan idenya ini, hingga kini Anda bisa berkirim pesan dengan cepat dan tanpa hambatan kemana pun, bahkan bisa mengirim gambar, suara, dan berbagai dokumen lainnya.

Larry Page dan Sergey Brin

Tokoh yang berperan besar pada pengembangan internet di dunia adalah penemu Google. Dimana dengan jasanya kini Anda bisa mendapatkan beragam informasi hanya dengan satu tempat saja. Beragam pertanyaan akan terjawab melalui Google. Mesin pencarian informasi ini juga merupakan awal mula berkembangnya internet hingga seperti sekarang.

Bill Gates

Microsoft, merupakan salah satu software yang terkenal di dunia. Beragam software keluaran perusahan ini sudah banyak digunakan dan memang membantu baik di dalam kegiatan kantor, hingga bagi perorangan. Baik Microsoft Office ataupun OS (sistem operasi), keduanya telah membantu Anda dalam melakukan pengetikan, berkirim informasi, membuat laporan, dsb.

Pierre Morad Omidyar

Perkembangan internet selanjutnya juga mempengaruhi perekonomian seperti munculnya situs jual beli melalui jaringan internet. Ia merupakan penemu e-Bay yang merupakan inovator dalam transaksi jual beli secara online di seluruh dunia.

Peter Thiel

Setelah kegiatan jual beli secara online, kemudian dikembangkan pula alat pembayaran secara online oleh Peter Thiel dimana alat pembayaran ini lebih dikenal dengan PayPal. Anda bisa menggunakan alat ini untuk melakukan transaksi hingga ke antar benua. Keberadaan PayPal merupakan wujud perkembangan internet yang membantu memperlancar transaksi jual beli online.

Be the first to comment on "Deretan Tokoh yang Memiliki Pengaruh Besar Pada Perkembangan Internet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*