Fitur-fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan dan Jarang Dipakai

Fitur-fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan dan Jarang Dipakai

Bagi pecinta dunia fotografi, kamera canggih sejenis DSLR merupakan pilihan yang terbaik. Kamera DSLR sendiri adalah jenis kamera yang cukup canggih karena memiliki fitur yang memadai untuk mendukung aktivitas fotografi. Tak heran jika kamera yang satu ini cukup digemari oleh mereka para fotografer, baik yang profesional maupun pemula. Meskipun kehadiran smartphone dengan kamera canggih cukup baik untuk menghasilkan bidikan fotografi yang bagus, namun belum bisa menggeser kedudukan kamera yang satu ini.

Fitur-fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan dan Jarang Dipakai 

Kamera jenis DSLR yang merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflex memanfaatkan mekanisme pencerminan untuk menangkap objek melalui lensa. Kamera yang satu ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi, disertai dengan performa dan kendali kinerja manual. Meskipun dibanderol dengan harga yang cukup mahal, tak menyurutkan para pecinta fotografi untuk mendapatkannya. Bahkan untuk merk yang sudah terkenal, harga yang ditawarkan juga bisa sangat fantastis. Namun hal itu tergantung tipe dan spesifikasi yang dimiliki juga.

Sebagai salah satu kamera profesional yang canggih, DSLR memiliki berbagai fitur pendukung yang mendukung penggunaan. Namun ternyata dibalik itu semua, ada beberapa fitur yang cukup jarang digunakan dan dianggap remeh oleh beberapa kalangan fotografer. Padahal kalau fitur tersebut digunakan, dijamin akan membantu saat membidik objek fotografi. Beberapa fitur yang sering diremehkan dan jarang digunakan tersebut, seperti:

  • Framing grid pada viewfinder.

Fitur framing grid akan memudahkan kita melihat beberapa garis vertikal maupun horisontal pada viewfinder. Yang mana berguna untuk menentukan garis lurus atau mencari patokan garis lurus pada objek yang sedang dibidik kamera. Fitur yang satu ini sangat direkomendasikan untuk berbagai genre fotografi dengan garis-garis sebagai patokan utama.

  • Dioptri viewfinder.

Dioptri sering dinamakan dengan jendela bidik. Fitur kamera DSLR yang satu ini berfungsi untuk mengatur pandangan viewfinder menjauh atau mendekat seperti fungsi zooming. Fitur ini sangat direkomendasikan bagi para fotografer yang memiliki permasalahan dari segi pandangan mata seperti mata minus atau plus.

  • Light meter.

Fitur lainnya yang sering disepelekan dan jarang digunakan adalah light meter. Light meter merupakan fitur yang berfungsi untuk mengukur berapa besarnya pencahayaan yang masuk ke dalam sensor. Fitur ini terletak di viewfinder atau pada live view dengan indikasi jika petunjuk point semakin mengarah ke kanan menunjukkan pencahayaan kurang. Namun sebaliknya, jika point semakin mengarah ke kiri berarti pencahayaan mengalami kelebihan.

  • Continuous shoot.

Fitur kamera DSLR yang satu ini sangat recommended untuk membidik objek yang memiliki pergerakan yang cukup cepat. Dimana setiap DSLR biasanya memiliki kemampuan masing-masing, mulai dari 3 frame per detik, 4 frame per detik, 5 frame per detik, dlsb. Sehingga jika Anda cukup sering membidik objek dengan pergerakan cepat, fitur continuous shoot akan sangat membantu.

Be the first to comment on "Fitur-fitur Kamera DSLR yang Sering Diremehkan dan Jarang Dipakai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*