Info Terkini Panduan Akses Internet Aman bagi Anak

Perkembangan teknologi saat ini membuat orang tua semakin tidak bisa menghindarkan akses internet bagi anak-anaknya. Sejumlah bahaya akses internet pun mengintai. Anda, sebagai orang tua harus tahu benar hal ini dan bisa melakukan kontrol pada anak. Berikut ini dijelaskan Info Terkini Panduan Akses Internet Aman bagi Anak

Pelajari Segala Hal tentang Internet

Sebagai orang tua, Anda perlu untuk mempelajari segala hal tentang internet. Mengakrabi internet tidak hanya membantu Anda mengetahu manfaat, memahami risiko tetapi juga membantu Anda lebih mudah bicara pada anak.

Tetapkan Standar Jelas

Untuk penjagaan, Anda perlu menetapkan standar akses internet untuk anak secara jelas. Buat aturan dan jelaskan pada anak-anak soal pentingnya aturan ini dan apa yang diharapkan dari mereka. Mulailah membuat standar batas yang jelas, agar bisa menghindar dari hal buruk yang mengintai.

Baca Juga : Info Terkini tentang Shapers

Jaga Informasi Pribadi

Berikan penjelasan dan minta anak untuk menjaga informasi pribadi mereka. Ajari anak untuk tidak sembarang memberikan atau mengunggah hal pribadi di internet. Karena hal buruk biasanya dimulai dari informasi pribadi yang biasanya sudah menyebar di dalam jaringan internet. Beritahu anak tentang bahaya mengunggah informasi pribadi secara sembarangan di internet, agar mereka lebih waspada.

Gunakan situs Jejaring Sosial dengan Aman dan Bijak

Jenis situs ini biasanya jadi favorit anak-anak. Tapi, Anda perlu mengajarkan pada anak soal kemananan dan kebijakan menggunakan jejaring sosial. Sejumlah situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video dari diri mereka sendiri, serta melakukan percakapan dengan teman-teman dan orang asing.

Berikan penjelasan pada anak batasan-batasan seperti apa informasi pribadi bisa diunggah dan diungkapkan dalam jejaring sosial.

Ajarkan Anak untuk Jujur

Dunia anak-anak biasanya penuh dengan hal-hal baru yang terjadi. Biasakan mengobrol dengan anak-anak Anda setiap harinya. Ini membantu mereka merasa nyaman dan bisa jujur saat memiliki masalah atau kesulitan. Jika anak Anda mendapat kesulitan dalam jaringan, tentunya Anda akan ingin dia datang kepada Anda, bukan malah menyembunyikannya. Ada kalanya, anak-anak akan menemukan situs atau informasi buruk di internet. Keterbukaan berbagi informasi dengan orang tua, bisa membantu orang tua memberikan pengertian pada anak, tentang situs mana saja tau informasi mana saja yang boleh dan tidak boleh mereka akses.

Selalu Sempatkan Bicara dengan Anak Soal Penggunaan Internet

Jangan merasa canggung atau enggan untuk bicara dengan anak-anak Anda tenang penggunaan internet. Anda bisa berbicara dengan anak-anak secara teratur tentang bagaimana mereka menggunakan Internet. Jika mereka terbiasa berbicara dengan Anda mengenai Internet, mereka akan bersedia untuk datang kepada Anda jika ada masalah.

Itulah info terkini panduan akses internet aman bagi anak Anda, semoga bisa membantu.

Be the first to comment on "Info Terkini Panduan Akses Internet Aman bagi Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*