Kiat Membersihkan dan Merawat Sepatu Sepak Bola yang Tepat Agar Lebih Awet  

Bermain sepak bola menjadi salah satu hobi bagi sebagian besar laki-laki. Untuk bermain sepak bola, dibutuhkan perlengkapan seperti sepatu. Sepatu sepak bola bisa dipilih berdasarkan pada posisi atau jenis lapangan yang digunakan untuk bermain. Setelah bermain, sepatu untuk bermain sepak bola tersebut kerap kali hanya dibiarkan dan kemudian disimpan. Cara membersihkan dan merawat yang salah bisa membuat sepatu untuk bermain sepak bola itu tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

Untuk membersihkan dan merawat sepatu bola yang tepat, Anda bisa melakukan cara berikut ini. Pertama adalah pastikan jika Anda sudah melepaskan tali sepatu bola Anda. Cek apakah di bagian sol sudah banyak kotoran seperti tanah yang melekat di sol, maka bersihkan dahulu tanah tersebut, bisa menggunakan kayu, jika hanya tersisa sedikit, Anda bisa menggunakan sikat. Hindari untuk memukulkan ke permukaan yang keras misalnya ke aspal atau ke ubin karena cara tersebut bisa membuat spul dari sepatu menjadi lebih cepat rusak dan kemudian terlepas.

 

Kedua adalah siapkan kain bersih dan air hangat. Air hangat tersebut bisa dicampurkan dengan sabun cuci piring. Celupkan kain bersih tersebut, peras lalu usapkan ke bagian permukaan sepatu sepak bola milik Anda. Hindari mengusapkan terlalu keras karena bisa merusak permukaan kulit. Ketiga adalah membilas permukaan sepatu yang sudah dibersihkan dengan menggunakan kain yang dicelupkan ke air bersih. Pastikan jika Anda benar-benar membersihkan permukaan sepatu tersebut sehingga tidak ada sisa sabun yang melekat di permukaan sepatu. Keringkan dengan menggunakan kain bersih.

 

Cara selanjutnya untuk membersihkan sepatu bola yang tepat adalah:

 

  • Bersihkan bagian dalam sepatu dengan menggunakan kain basah yang dicelupkan air sabun, bilas dengan bersih dan gunakan koran bekas agar sisa air terserap dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hair dryer agar lebih cepat kering.
  • Sikat bagian sol dan lap dengan bersih.

 

Cara untuk perawatan sepatu sepak bola yang tepat adalah:

 

  • Jika baru pertama kali membeli, bisa mengoleskan lotion pada kaki Anda agar tidak lecet dan sebaiknya gunakan minimal 30 menit sebelum pertandingan untuk penyesuaian.
  • Bersihkan sepatu bola setelah penggunaan dan hindari merendam sepatu tersebut seperti untuk membersihkan lumpur pada bagian sol. Hindari menyikat terlalu keras agar sepatu tidak rusak.
  • Setelah dibersihkan, sebaiknya buka sepatu tersebut sehingga sirkulasi udara di dalam sepatu menjadi lancar dan bagian dalam tidak apek.
  • Jika sepatu Anda menggunakan model screw studs, lepaskan stud tersebut dan keringkan di bagian dalam agar tidak timbul karat di bagian mur studs sepatu bola milik Anda.
  • Hindari menggunakan sepatu bola di atas jalan yang keras agar stud tidak mudah aus.
  • Hindari mempergunakan sepatu saat kaos kaki atau kaki Anda basah agar tidak mudah bau.

 

Be the first to comment on "Kiat Membersihkan dan Merawat Sepatu Sepak Bola yang Tepat Agar Lebih Awet  "

Leave a comment

Your email address will not be published.


*