Ternyata Teknologi Sosial Media Juga Bisa Memberikan Dampak Negatif Pada Penggunanya  

Hampir semua masyarakat Indonesia yang menggunakan ponsel pintar pastinya memiliki akun media sosial atau memainkannya setiap hari. Dengan adanya media sosial, pastinya Anda merasa jika menggunakan ponsel akan terasa lebih menyenangkan, terlebih Anda bisa melihat segala aktivitas yang dilakukan oleh teman-teman dan juga keluarga Anda lewat teknologi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membagikan pengalaman Anda ketika liburan atau melakukan sesuatu pada akun masing-masing berupa foto atau pun video, pastinya bisa digunakan untuk mengenang masa-masa tak terlupakan tersebut. Namun, siapa sangka jika kehadiran teknologi sosial media saat ini juga membawa beberapa dampak buruk untuk para penggunanya, terutama jika yang sering kali menggunakan atau bermain media sosial. Memang jika pertama menggunakannya maka akan terasa menyenangkan, namun jika tidak dibatasi atau begitu menyita waktu kita, maka hal tersebut akan berubah menjadi negatif. Berikut inilah beberapa dampak yang diberikan dari bermain teknologi tersebut:

 

Stress

Biasanya, masyarakat Indonesia menggunakan sosial media tersebut sebagai tempat untuk mencurahkan isi hati mereka yang dimana dapat dilihat oleh banyak orang. Jika kita selalu menggunakannya untuk ajang curhat dan melampiaskannya agar dapat dibaca semua orang, maka hal tersebut pastinya akan memancing respon dari orang-orang yang melihat posting-an kita. Tidak jarang banyak orang yang berkata tidak enak ketika kita merasa sedang terpuruk, bukannya terhibur, Anda pun akan merasa jauh lebih stress dan tertekan.

 

Cemas

Menggunakan teknologi sosial media ternyata juga dapat membuat seseorang lebih sering merasa cemas jika dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. Hal ini dapat Anda rasakan misalnya ketika menunggu seseorang memposting sesuatu yang membuat Anda menjadi selalu terpikir, atau pun Anda yang mengunggah foto atau video yang mengharapkan orang-orang yang melihatnya akan meninggalkan komen yang baik. Pastinya dengan ini pun Anda akan merasa semakin cemas dan takut dengan anggapan orang lain.

 

Depresi

Memang media sosial lebih banyak digunakan untuk membagikan memori dan momen yang tidak ingin dilupakan. Namun, sering kali postingan tersebut kerap menarik perhatian orang lain. Jika ada yang memang tidak menyukai kita atau menganggap postingan kita tidak berkualitas, maka tidak jarang mereka akan meninggalkan komentar pedas dan juga jahat yang membuat kita menjadi depresi ketika membacanya terus menerus.

 

Kecanduan

Selain melihat beberapa bagian buruk yang dibuat oleh diri sendiri dan juga orang lain, jika terlalu asik menggunakan teknologi sosial media dan juga terlalu menikmatinya akan memberikan dampak yang buruk bagi Anda. Nantinya, Anda menjadi kecanduan untuk selalu memposting sesuatu atau selalu membukanya beberapa saat sekali, dan pastinya jika sudah sampai pada tahap ini pun Anda akan merasa hampa jika satu hari saja tidak membukanya atau mengunggah apa pun.

Be the first to comment on "Ternyata Teknologi Sosial Media Juga Bisa Memberikan Dampak Negatif Pada Penggunanya  "

Leave a comment

Your email address will not be published.


*