Wajib Tahu, Ini Cara Mudah Membayar Pajak Motor Online

Setelah memahami berbagai hal mengenai cara dan syarat balik nama motor yang didapat melalui tautan https://review.bukalapak.com/auto/cara-balik-nama-motor-ini-syarat-dan-biaya-yang-harus-dikeluarkan-67059, Mino kini berganti sibuk mencari tahu soal cara membayar pajak motor online.

Sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli motor dari teman terdekatnya, Mino memang merasa bahwa ia harus paham lebih dulu dengan segala hal terkait motor, mulai dari perawatan hingga membayar pajak. Nah, buat kamu yang juga sedang mencari tahu perihal cara membayar pajak, yuk simak ulasan berikut ini.

Kewajiban Membayar Pajak
Pembayaran pajak dibagi menjadi dua, yakni pajak tahunan yang dibayarkan setiap setahun sekali dan pajak lima tahunan yang harus dibayarkan setiap 5 tahun sekali. Pajak lima tahunan ditandai dengan adanya pembaruan STNK serta nomor kendaraan bermotor. Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa setiap keterlambatan pajak akan dikenai denda dengan jumlah tertentu.

Besar denda keterlambatan dalam setahun mencapai 25 persen dari besaran pajak yang harus dibayarkan. Jadi, jika terlambat membayar pajak selama enam bulan, akan dikenakan denda sebesar 12,5 persen. Sementara itu, jika terlambat membayar pajak selama tiga bulan akan dikenai denda sebesar 6,25 persen. Selain itu, untuk urusan mobil, denda berlaku setelah pemilik kendaraan terlambat membayar pajak selama 2 hari.

Jika pemilik terlambat membayar pajak selama 2 hari, pemilik akan dikenai denda sebesar 25 persen. Penambahan denda akan terus berlaku dalam hitungan bulan: terlambat 2 hari hingga 1 bulan dikenai denda 25 persen, terlambat 2 bulan dikenai denda 27 persen. Begitu seterusnya hingga denda mencapai 48 persen.

Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membayar Pajak
Meskipun sekarang pembayaran pajak sudah bisa dilakukan secara online maupun melalui ATM, bahkan SMS, beberapa hal harus tetap dipersiapkan sebelum melakukan pembayaran. Beberapa hal tersebut adalah (1) STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, (2) KTP yang masih berlakuā€”dalam hal ini, nama yang tertera pada KTP harus sama dengan nama yang tertera pada STNK, dan (3) uang sesuai besaran pajak yang harus dibayar.

Cara Membayar Pajak Secara Online Melalui e-Samsat
Cara pembayaran pajakĀ online dapat dilakukan melalui aplikasi e-Samsat, ATM, maupun SMS. Jika akan membayar pajak melalui aplikasi e-Samsat, hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

Pertama, siapkan laptop atau ponsel dengan koneksi internet, kemudian akses laman Samsat. Kedua, masukkan kode dan dapatkan konversi nomor polisi. Selanjutnya, bayarkan pajak melalui ATM. Simpan struk pembayaran dan gunakan sebagai bukti bayar yang sah.

Cara Membayar Pajak Secara Online Melalui ATM
Jika akan membayar pajak langsung melalui ATM, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi mesin ATM terdekat. Selanjutnya, masukkan pin seperti biasanya. Pilih menu Bayar, kemudian pilih Menu Lainnya. Jika sudah, pilih menu Pajak/Penerimaan Negara, kemudian pilih menu e-Samsat. Masukkan nomor polisi, ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul di layar mesin ATM. Bayarkan pajak, simpan struk dan gunakan sebagai bukti bayar yang sah.

Cara Membayar Pajak Secara Online Melalui SMS
Selain melalui aplikasi e-Samsat dan ATM, kamu pun bisa membayar pajak melalui SMS. Caranya, kirimkan SMS dengan format ESAMSAT(spasi)Nomor Rangka(spasi)NIK/KTP kemudian kirim ke nomor 08112119211.

Tunggulah beberapa saat hingga ada balasan SMS dari operator. Balasan tersebut berupa kode pembayaran dan data kendaraan serta jumlah tagihan. Selanjutnya, selesaikan pembayaran melalui ATM. Setelah pembayaran selesai, kamu akan menerima SMS konfirmasi. Tukarkan struk dengan Surat Ketetapan Pajak Daerah di kantor pajak terdekat. Bagaimana? Mudah melakukannya, bukan?

Sumber gambar: Portalkppn.com

Be the first to comment on "Wajib Tahu, Ini Cara Mudah Membayar Pajak Motor Online"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*