Anti Ribet, Dengerin Musik MP3 dengan Bluetooth Headphone

Bagaimana cara memilih headphone terbaik? Bila kamu tipe orang yang tidak suka ribet, bluetooth headphone adalah pilihan yang terbaik untukmu. Dengan headphone tanpa kabel, dengerin musik mp3 pasti makin nyaman dan menyenangkan. Setuju?

Sebelum kamu memutuskan membeli headphone tanpa kabel, ketahui dulu pertimbangan yang sebaiknya kamu pikirkan saat membeli headphone, ya. Apa saja pertimbanganya? Ulasan ini akan menjawab pertanyaanmu.

  • Pertimbangkan kualitas suara

Membicarakan headphone tentu tidak terlepas dari kualitas suara. Dua poin penting yang perlu kamu perhatikan perihal kualitas suara sebuah headphone adalah corresponding codec dan driver unit. Apa itu corresponding codec dan driver unit, serta bagaimana memilihnya?

Pilih codec AAC dan AptX agar kualitas suara lebih terjamin

Saat mengirimkan suara menggunakan Bluetooth (tanpa kabel), berkas suaranya perlu di-convert (diubah). Metode pengubahan yang digunakan disebut codecCodec inilah yang akan menentukan kualitas dan lamanya waktu penundaan suara pada headphone-mu. Bluetooth headphone berharga murah banyak menggunakan codec SBC. Kualitas suara dari codec SBC ini tidak begitu bagus dan penundaan suaranya bisa mencapai seperempat detik. Sementara itu, dengan headphone berfitur AAC dan AptX, kamu dapat mengurangi penundaan suara. Namun, perhatikan perangkat yang kamu gunakan. Pasalnya, AAC lebih kompatibel untuk produk Apple, sedangkan AptX lebih sesuai digunakan untuk Android.

Pilih driver unit dan housing yang pas

Selain codec, faktor lain yang menentukan kualitas suara adalah housing dan driver unit yang terpasang di struktur utama headphoneDriver unit mengganti sinyal listrik menjadi suara di bagian headphone. Ukuran dan jenis driver unit sangat memengaruhi kualitas suara. Semakin besar driver unit, kualitas suaranya pun semakin bagus. Sementara itu, housing memiliki 2 tipe, yaitu tertutup dan terbuka. Tipe tertutup bagus digunakan di luar ruangan karena dapat mengurangi kebocoran suara, sedangkan tipe terbuka lebih cocok digunakan di dalam rungan.

  • Pertimbangkan fitur headphone

Perihal fitur headphone, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, mulai dari baterai hingga noise cancelling. Karena penggunaan bluetooth headphone pada umumnya tidak memakai kabel, poin yang perlu diperhatikan adalah seberapa lama baterai headphone dapat bekerja. Beberapa bluetooth headphone tidak bisa dipakai sambil mengisi daya baterai. Oleh karena itu, periksalah baterai headphone sebelum kamu menggunakannya. Untuk tipe baterai yang dapat diisi dayanya, penggunaan baterai secara terus-menerus akan menurunkan kinerja baterai. Bila kamu akan menggunakan baterai headphone dalam waktu yang lama, ada baiknya kamu menggunakan baterai yang dapat diganti.

Selain baterai, perhatikan pula fitur noise cancelling atau fitur yang dapat meminimalisir gangguan. Fitur ini membuat suara yang kamu dengar di headphone dapat terdengar lebih jelas. Dengan fitur ini, kamu yang sering menggunakan headphone di transportasi umum seperti kereta dan bus pasti akan sangat terbantu, bukan? Namun, semua produk yang dibekali fitur noise cancelling memiliki tekanan yang kuat sehingga banyak orang merasa sedikit tidak leluasa.

Di sisi lain, untuk kamu yang ingin menikmati musik dengan jelas di dalam maupun di luar ruangan, kamu bisa menggunakan tipe wired dan wireless headphone yang fungsinya dapat ditukar. Jack dari jenis headphone ini dapat dilepas dengan mudah sehingga ketika kamu sedang mendengarkan musik di dalam ruangan dan ingin keluar sebentar, kamu dapat dapat dengan mudah melepasnya. Mudah, bukan?

Yep, itulah pertimbangan awal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli bluetooth headphone. Sudah tahu tipe headphone yang ingin dibeli, namun bingung dengan pilihan produknya? Baca rekomendasi headphone terbaik 2018 berikut, ya.

Be the first to comment on "Anti Ribet, Dengerin Musik MP3 dengan Bluetooth Headphone"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*