4 Tips Memakai Kamera DSLR Bagi yang Baiknya Diperhatikan Bagi yang Baru Belajar

4 Tips Memakai Kamera DSLR Bagi yang Baiknya Diperhatikan Bagi yang Baru Belajar

Memotret dengan kamera DSLR memang memberi kepuasan tersendiri karena dikenal sebagai teman fotografi yang terbaik. Banyak fotografer profesional menggunakan kamera jenis DSLR ini sebagai senjatanya untuk berkarya. Sebab memiliki kemampuan menghasilkan foto yang jernih dan berkualitas tanpa perlu didukung oleh kondisi area memotret obyek yang mendukung. Tidak peduli memotret di waktu malam, pagi buta, ataupun siang hari dijamin hasilnya sama-sama jernih. Hanya saja bagi pemula mungkin sedikit bingung untuk menggunakannya karena punya banyak tombol dan pengaturan dibuat manual.

4 Tips Memakai Kamera DSLR Bagi yang Baiknya Diperhatikan Bagi yang Baru Belajar

Tips Memakai DSLR Bagi Pemula

Untuk Anda yang baru beberapa kali memegang DSLR untuk keperluan memotret dan mengaku mendapati kesulitan. Bisa menyimak beberapa tips berikut agar proses belajar fotografi lebih lancar:

  • Tambahkan filter UV pada lensa,

Persiapan memotret dengan baik memakai DSLR akan maksimal manakala Anda sudah membeli filter UV yang nanti dipasang ke lensa yang dipakai. Sesuai dengan namanya aksesoris DSLR satu ini berperan penting untuk meminimalisir efek sinar UV pada hasil bidikan yang diambil. Menggunakannya juga bisa membantu melindungi dan merawat lensa agar tidak mudah rusak ataupun berjamur, jadi terbantu untuk memotret maksimal dan merawat DSLR yang digunakan.

  • Terus berlatih memotret,

Salah satu solusi praktis untuk bisa lebih lihai dalam menggunakan kamera DSLR adalah terus berlatih. Kemudian tidak ragu untuk melakukan eksperimen mengatur ISO, Shutter, sampai fitur fotografi lainnya sesuai dengan keinginan. Semakin sering berlatih semakin hafal fitur dan pengaturan seperti apa yang ideal menghasilkan foto dengan tone yang sesuai keinginan. Sama halnya ketika belajar memakai handphone kalau tidak diotak-atik malah tidak akan bisa-bisa.

  • Belajar pengaturan di DSLR,

DSLR merupakan jenis kamera yang dari pabriknya diatur memakai mode manual sehingga pengguna perlu berurusan dengan banyak menu dan juga tombol. Bagi yang sudah terbiasa dijamin tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan proses pengaturan model lensa. Namun sebaliknya bagi pemula, maka perlu belajar mengatur mode tersebut dengan benar dan mengenal tombol di kamera beserta fungsinya. Sehingga perlahan Anda semakin mahir dan cepat dalam menentukan mode pengaturan kamera, hasilnya pun perlahan semakin memuaskan

  • Pahami teknik mengganti lensa,

Mengganti lensa dijamin akan menjadi agenda sehari-hari selama memotret memakai DSLR namun ada tekniknya. Jadi tidak bisa asal lepas dan pasang ditambah lagi masing-masing lensa memiliki perannya sendiri. Lensa makro misalnya hanya untuk memotret obyek yang kecil agar terlihat lebih jernih dan jelas. Lensa berbeda untuk keperluan berbeda, dan ketika mengganti lensa perlu melirik cuaca. Disarankan tidak mengganti lensa di luar ruangan pada saat cuaca dingin atau saat hujan. Lebih aman mengganti lensa kamera DSLR di dalam ruangan.

Be the first to comment on "4 Tips Memakai Kamera DSLR Bagi yang Baiknya Diperhatikan Bagi yang Baru Belajar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*