5 Jajanan Pasar Indonesia yang Tidak Lagi Jadul

Di Indonesia terdapat macam-macam jajanan pasar yang memiliki banyak peminat. Bahkan tak jarang orang-orang berusaha membuatnya sendiri di rumah. Mulai dari mencari cara buat kue cubit, hingga yang membutuhkan proses lama seperti cara membuat martabak manis.

Dengan semakin banyaknya orang yang berusaha membuat sendiri di rumah, para penjual pun berlomba-lomba untuk menjadikan jajanan pasar dagangannya menjadi terlihat lebih menarik. Tujuannya tentu saja demi menarik pembeli.

Beberapa jajanan pasar Indonesia yang kini terlihat kekinian adalah:

1. Cireng

Jajanan Pasar Indonesia - CirengSumber: Instagram – cimosu

Camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka ini sudah dikenal luas di berbagai daerah. Bahkan ada beberapa orang yang berusaha memanfaatkan peluang usaha dengan menjual cireng mentah siap goreng. Sehingga para pembeli bisa menjadikan camilan tersebut sebagai oleh-oleh ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Biasanya, cireng dikonsumsi dengan saus oncom.

Kini, cireng kekinian tidak hanya berisi atau diguyur dengan saus oncom saja. Banyak penjual yang memberikan isian yang bermacam-macam. Di antaranya adalah bakso, keju, kornet, ataupun sosis.

2. Kue Cubit

Jajanan Pasar Indonesia - Kue CubitSumber: Instagram – nanayusuf27

Kue manis serupa pukis ini rasanya memang enak dan nikmat. Ukurannya yang kecil menjadikannya mudah dimakan dalam sekali lahap. Akan lebih nikmat lagi jika dimakan pas lagi hangat-hangatnya. Biasanya, camilan berbentuk bulat ini pun memiliki topping taburan meses cokelat atau warna-warni biasa.

Tapi, sekarang jajanan pasar khas Indonesia ini sudah tak lagi jadul. Mulai dari cetakan kue cubit yang bermacam-macam, menjadikan bentuknya lebih bervariatif dan menarik. Tak hanya itu, toppingnya pun lebih bervariasi, seperti keju, remahan Oreo, cokelat Nutella, hingga potongan KitKat. Didukung dengan warna adonannya yang berwarna-warni, tentunya menjadikan kue cubit menjadi semakin kekinian.

3. Pisang Goreng

Jajanan Pasar Indonesia - Pisang GorengSumber: Instagram – zeekye_banagetz

Siapa sih yang nggak kenal camilan paling merakyat yang satu ini? Tak hanya penjualnya yang mudah ditemukan di mana saja, tapi kamu pun bisa dengan mudah membuatnya di rumah. Belum lagi rasa pisang yang manis berbalut tepung yang krispi, pastinya membuat camilan ini menjadi favorit banyak orang.

Sekarang, pisang goreng pun tak mau kalah menjadi kekinian. Dengan bentuk yang berbeda, gorengan ini pun muncul dengan bentuk yang dimodifikasi menjadi nugget pisang. Tak hanya bentuknya yang menarik, camilan ini pun memiliki varian rasa yang kekinian. Di antanya adalah cokelat, keju, matcha, red velvet, hingga tiramisu.

4. Martabak Manis

Jajanan Pasar Indonesia - Martabak ManisSumber: Instagram – terangbulanmasiping

Dengan pilihan topping cokelat, kacang, ataupun keju, menjadikan martabak manis jadi terkesan kekinian. Namun, rupanya tiga pilihan topping itu belum ada apa-apanya.

Martabak manis kini memiliki banyak varian topping yang beragam dan aneh-aneh, mulai dari cokelat rasa matcha atau cokelat Nutella, hingga ke sereal, remahan toblerone, dan juga buah jeruk kalengan. Ada-ada saja, ya?

5.     Surabi

Jajanan Pasar Indonesia - SurabiSumber: Instagram – candrarully

Tergantung dari mana daerah asalnya, ada sedikit perbedaan pada camilan yang satu ini. Kalau biasanya di beberapa kota di Jawa Tengah camilan ini dimakan dengan saus gula merah nan lezat, tidak demikian dengan daerah-daerah di Jawa Barat. Di wilayah Sunda tersebut surabi biasanya dikonsumsi dengan saus oncom.

Namun, untuk surabi modern dan kekinian, kedua saus tersebut tidak lagi digunakan. Tidak peduli di daerah manapun, surabi modern kini memiliki toping dan rasa adonan yang jauh lebih beragam. Tidak hanya keju atau matcha, tapi juga rasa oreo, ovomaltine, durian, bolognaise, juga sapi lada hitam. Bahkan, pada beberapa rasa terkadang masih diberi tambahan topping es krim vanilla, cokelat, atau strawberry. Wah, rasanya pasti sangat nikmat, ya!

Be the first to comment on "5 Jajanan Pasar Indonesia yang Tidak Lagi Jadul"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*