5 Strategi Marketing Online untuk Meningkatkan Penjualan

Pada era digital, semua orang sudah menggunakan internet untuk membantu aktvitas sehari-hari. Begitu juga dalam hal industri atau bisnis, marketing secara offline harus ditunjang dengan  marketing online untuk meningkatkan penjualan.

Akan tetapi marketing online tidak hanya berbicara tentang pemasaran melalui internet semata, akan tetapi ada strategi yang harus dilakukan. Berikut ini adalah strategi pemasaran online yang harus dilakukan:

  • Pemasaran Lewat Website atau Blog

Sebuah usaha yang memiliki website atau blog khusus akan bisa memperluas jaringan pemasaran, karena bisa menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan dunia. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan website ini, yaitu harus menyertakan penjelasan produk yang ditawarkan atau dijual. Selain itu, website ini juga bisa digabung dengan toko online agar para konsumen bisa mendapatkan produk secara langsung, karena bisa jadi produk belum tersedia di wilayahnya.

Baca Juga  : Kiat-kiat Marketing Online

Untuk pemasaran melalui blog, selain bisa menggunakan blog milik perusahaan, juga bisa memasang iklan atau artikel placement di blog milik blogger lainnya. Selain itu, perusahaan juga bisa bekerjasama dengan blogger dengan viewer tinggi untuk mereview produk, sehingga produk pun akan bisa semakin dikenal.

  • Manfaatkan Media Sosial

Saat ini hampir semua orang memiliki media sosial, bahkan tak sedikit yang mempunyai lebih dari satu media sosial. Oleh karena itu, bisa dikatakan media sosial ini adalah sarana yang empuk untuk memasarkan suatu produk.

Selain facebook dan twitter, media sosial lain yang bisa dimanfaatkan adalah instagram. Instagram memang memiliki kelebihan tersendiri, karena isinya berupa foto-foto, sehingga konsumen pun dapat melihat berbagai macam foto produk. Apalagi jika pihak produsen juga mengunggah foto-foto berupa testimoni dari konsumen atau artis, itu bisa meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga keinginan untuk membeli produk juga ikut meningkat.

  • Komunitas Atau Forum Chatting

Perkembangan dunia digital tak hanya memunculkan beragam jenis media sosial, akan tetapi juga berbagai macam media untuk chat, seperti whatsapp, Line, juga Blackberry Messenger. Layanan percakapan ini biasanya memiliki fasilitas untuk membuat grup khusus, sehingga bagi pemilik usaha yang ingin menginfokan produk-produk barunya, cukup dengan mengirim pesan ke grup tersebut. Mudah, bukan? Tak hanya untuk menginfokan produk, konsumen pun dapat langsung berinteraksi langsung dengan pemilik atau admin jika ingin membeli produk tersebut.

  • Memasang Iklan Berbayar

Iklan berbayar ini bisa melalui facebook, twitter, atau google ads. Meski harus megeluarkan biaya, akan tetapi iklan ini benar-benar mampu meningkatkan jumlah penjualan.

Itulah beberapa strategi marketing online yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Selain strategi di atas, jangan lupa juga untuk menyediakan admin yang bertugas mengelola media online yang dimiliki serta melayani konsumen setiap harinya.

Be the first to comment on "5 Strategi Marketing Online untuk Meningkatkan Penjualan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*