Aneka Jajanan Khas Bandung yang Manis dan Menggoyang Lidah

Gambar dari Ngadem

Bandung tidak hanya terkenal dengan udaranya yang sejuk dan penduduknya yang ramah, tetapi juga terkenal akan jajanan-jajanannya yang lezat. Tidak mengherankan bahwa di kaki-kaki lima berbagai kota di Indonesia, niscaya juga akan kita temukan panganan-panganan khas Bandung dengan harga terjangkau dan varian rasa yang beragam. Orang-orang pun juga sering mencari resep makanan khas Bandung untuk diracik sendiri di rumah, seperti resep cimol, cilok, hingga surabi.

 

Dan bicara soal jajanan khas Bandung, bukan hanya jajanan asin saja yang menggoyang lidah, tetapi juga jajanan dengan rasa manis. Nah, buat kenanganmu di kota Bandung lebih manis dengan aneka jajanan khas Bandung yang juga manis seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini:

 

1.Es Doger

Siapa yang bisa menolak kesegaran minuman yang satu ini? Berbahan dasar susu dan sirup, es doger terlihat semakin meriah dengan parutan kelapa, mutiara, es putar, tape, ketan hitam, dan juga roti tawar potong. Rasa gurih dan manis berpadu sempurna saat kamu mencicipinya.

 

Oh ya, jajanan es doger sendiri sebetulnya berawal dari Cirebon. Namun, jajanan ini kemudian dibawa ke Bandung dan juga menjadi jajanan khas kota kembang tersebut.

2.Kue Cubit

Selain cara membuat cimol, banyak orang yang juga mencari cara membuat kue cubit di rumah. Dari anak-anak hingga orang dewasa, semua jatuh hati dengan kue lembut ini. Rasanya manis dan begitu mudah dikunyah. Selain itu, kini kue cubit juga hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari varian original sampai, cokelat, hingga matcha green tea.

 

Jajanan tersebut dinamai kue cubit karena bentuknya yang kecil (hanya satu cubitan), dan cenderung tidak beraturan. Oh ya, satu porsi kue cubit yang biasa dibanderol dengan harga delapan ribu hingga dua belas ribu rupiah ini terdiri atas banyak kue yang bisa dinikmati oleh dua hingga tiga orang. Sangat ekonomis, bukan?

3.Surabi

Kalau pergi ke Bandung, rasanya ada yang kurang apabila kamu tidak mampir ke kafe yang menyediakan surabi. Surabi Bandung memiliki aroma yang wangi dan juga rasa manis bercampur gurih yang kuat meresap di lidah. Varian rasa kue surabi bermacam-macam, maka tak heran apabila jajanan yang satu ini mampu memuaskan banyak orang.

 

Panganan yang sering disebut “pancake-nya Indonesia” ini dibuat dengan cetakan kecil berbentuk bulat yang diletakkan di atas kompor atau tungku. Setelah itu, serabi diberi berbagai macam topping untuk semakin meningkatkan kelezatannya.

4.Bandros

Pada dasarnya, Bandros hanya memiliki rasa gurih dari kelapa yang menjadi bahan dasarnya. Namun, bandros asli hampir selalu disajikan dengan taburan gula pasir. Itulah alasan mengapa makanan ini identik dengan rasa yang manis.

 

Berbahan dasar santan dan juga kelapa parut, bandros amat mudah dibuat dan saat digigit, adonan seolah langsung lumer di mulut. Bandros kekinian juga hadir dengan topping cokelat, green-tea, dan juga ovomaltine.

 

5.Peuyeum

Terkadang, orang-orang merasa bingung membedakan antara peuyeum dan panganan tape singkong. Padahal, kedua camilan tersebut memiliki sedikit perbedaan. Tape lebih basah dan lunak, sementara itu tekstur peuyeum lebih kering.

 

Peuyeum memiliki rasa manis bercampur asam yang khas. Bahkan, ada banyak kue dengan cita rasa peuyeum lantaran banyak orang yang menyukai camilan tradisional yang satu ini. Oh ya, peuyeum hanya tahan selama 4-5 hari dalam suhu ruang, jadi, langsung habiskan peuyeum setelah kamu membelinya ya.

 

Nah, manakah jajanan manis Bandung yang ingin kamu cicipi?

Be the first to comment on "Aneka Jajanan Khas Bandung yang Manis dan Menggoyang Lidah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*