Berbagai Kandungan di Dalam Kosmetik ini Ternyata Berbahaya

Berbagai Kandungan di Dalam Kosmetik ini Ternyata Berbahaya

Wanita serta kosmetik adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Banyaknya produk kecantikan yang ada di pasaran membuat Anda harus semakin berhati-hati dalam melakukan pemilihan, karena ternyata ada begitu banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan bahan berbahaya. Lantas, apa saja bahan produk kecantikan yang harus dihindari?

Berbagai Kandungan di Dalam Kosmetik ini Ternyata Berbahaya

Ternyata banyak produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya di pasaran. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati dalam melakukan pemilihan kosmetik. Kita harus mengenal apa saja komposisi yang berada di dalam produk kecantikan yang akan digunakan. Ada beberapa jenis bahan produk kecantikan yang harus dihindari.

Resorsinol

Bahan kosmetik berbahaya pertama ialah resorsinol. Bahan ini bisa menghancurkan kulit yang mengeras, kasar dan bersisik. Resorsinol juga bisa membasmi kuman pada kulit. Walaupun sangat berguna bagi kulit, kandungan ini memiliki banyak efek samping yang bisa membahayakan tubuh. kandungan ini bisa mengganggu sistem imun serta memicu iritasi kulit. Penggunaan resorsinol di kulit yang terluka atau yang sedang mengalami infeksi sangat berbahaya karena bisa menimbulkan gejala seperti iritasi mata, iritasi tenggorokan hingga gangguan saluran pernapasan atas.

Hidrokinon

Bahan Hidrokinon banyak disalahgunakan untuk produk pemutih karena kemampuannya yang bisa menghambat pembentukan melanin. Sayangnya, penggunaan bahan ini dalam dosis yang tinggi serta jangka panjang bisa menyebabkan peningkatan melanin yang melebihi ambang batas wajar di kulit yang terkena sinar matahari secara langsung serta memicu gangguan kulit dengan nama ochronosis. Tak hanya itu, zat ini juga bisa memicu mutasi serta kerusakan DNA yang memiliki sifat karsinogenik.

Merkuri

Hampir sama dengan hidrokinon, merukuri sering disalahgunakan dijadikan sebagai produk kosmetik pemutih kulit. Merkuri merupakan logam berat yang begitu berbahaya serta beracun walaupun pada konsentrasi kecil. Penggunaan jangka pendek dengan dosis tinggi bisa menyebabkan diare. Muntah-muntah hingga kerusakan ginjal. Sedangkan efek yang lain, merkuri ini bisa menyebabkan diare, muntah sampai kerusakan pada organ ginjal. Efek lain dari penggunaan merkuri, bisa menyebabkan iritasi kulit, bintik hitam dan kerusakan susunan saraf otak.

Timbal

Timbal adalah zat yang sangat berbahaya, zat ini dilarang menjadi bahan kosmetik. Bila timbal terkena anak-anak, ia bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak serta sistem saraf. Sedangkan, pada orang dewasa, penggunaan Timbal bisa memicu gangguan kardiovaskular yang menyebabkan tekanan darah tinggi, penurunan fungsi ginjal dan gangguan sistem saraf pusat.

Pewarna Buatan

Zat yang berasal dari bahan alami jauh lebih baik jika dibandingkan dengan zat buatan. Untuk bahan pewarna, bahan pewarna buatan seperti warna rhodamin B, Cl 15585, dan Cl 12075 sering digunakan untuk zat pewarna keras. Sayangnya, bahan ini sering digunakan untuk kosmetik seperti eyeshadow, blush on, lipstick dan masih banyak lagi. Zat tersebut adalah karsiogenik yang bisa memicu timbulnya kanker.

Be the first to comment on "Berbagai Kandungan di Dalam Kosmetik ini Ternyata Berbahaya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*