Cara Memilih Berita Terpercaya di Media Online

Perkembangan media saat ini memang sangat pesat, termasuk di antaranya adalah media online yang pertumbuhannya seperti jamur di musim hujan. Setiap detik selalu ada berita yang terunggah lewat beragam situs online. Banyak berita tersiar secepat kilat, kemudian tersebar di media sosial, hingga pembaca pun mengalami kebingungan untuk memilih mana berita terpercaya dan mana berita yang tidak dapat dipercaya.

Berita bohong atau yang biasa disebut dengan hoax memang banyak tersebar di media, khususnya media online. Begitu mudah menulis dan menyebarkan kabar bohong, apalagi untuk membuat sebuah situs online bukan perkara yang sulit. Inilah salah satu hal yang membuat banyak orang kerap membuat kabar bohong dengan judul bombastis.

Para pembuat situs abal-abal serta kabar bohong tersebut memiliki tujuan agar apa yang ditulisnya mendapatkan banyak viewers atau share, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Banyak jenis berita bohong yang tersiar di media online, ada berita bohong mengenai dunia kesehatan, artis, politik, hingga berita bohong dengan tema sensitif seperti suku, agama, dan ras. Tak jarang berita-berita bohong ini menimbulkan perdebatan bahkan perselisihan yang berujung pada permusuhan, bahkan perkelahian karena kalimat yang ditulis bernada sentimen terhadap kelompok tertentu.

Baca Juga:Cara Membedakan Berita Terpercaya dan Berita Hoax

Membaca berita dari media online haruslah jeli, karena saat ini banyak berita yang dibuat sarat akan kepentingan kelompok-kelompok tertentu dengan tujuan menjatuhkan kelompok-kelompok lainnya. Oleh karena itu, pembaca pun harus jeli untuk memilah dan memilih mana berita terpercaya dan mana berita bohong yang hanya mengejar sensasi semata.

Lalu bagaimana caranya agar tidak terpengaruh dengan berita bohong yang tersebar di internet? Salah satunya adalah dengan mencari tahu sumber utama dari berita tersebut. Apakah berita tersebut berasal dari media yang berkompeten ataukah media abal-abal yang tidak jelas susunan redaksi, dan penanggung jawab situs tersebut.

Berita bohong biasanya menggunakan judul-judul bombastis. Selain itu, isinya pun ditulis dengan kalimat-kalimat provokatif.sehingga dapat menimbulkan perdebatan bagi yang membacanya. Perdebatan ini biasanya berlangsung berlarut-larut, bahkan tak jarang bisa berubah menjadi isu nasional karena banyak orang yang menyebarkan kabar hoax ini.  

Apabila membaca berita online yang memiliki indikasi kebohongan, pembaca haruslah berhati-hati, salah satunya adalah dengan tidak menyebarkan berita tersebut. Berita bohong hanya akan menimbulkan perselisihan serta pertengkaran.

Di era digital saat ini, pembaca pun haruslah bijak, jangan mudah terprovokasi dengan berita yang tidak jelas asal-usulnya. Bahkan, ada pula media yang memang dibayar untuk mengembangkan isu atau kebohongan agar masyarakat terpecah belah karena berita tersebut. Oleh sebab itu, pembaca harus benar-benar memilih serta membaca berita terpercaya saja. Jangan sampai terjebak pada isu-isu serta berita-berita hoax yang tidak bertanggung jawab.

Be the first to comment on "Cara Memilih Berita Terpercaya di Media Online"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*