Cara Mengenali Berita Hoax di Sosial Media

Seiring dengan kemajuan teknologi terutama teknologi informasi dan internet, banyak sekali informasi yang bisa kita terima di waktu yang sama melalui satu buah alat media. Banyaknya informasi yang dengan mudah bisa diterima dan disebarkan dalam satu waktu membuat Anda harus juga lebih jeli karena terkadang ada berita palsu atau berita yang sengaja dihembuskan untuk memperoleh keuntungan tertentu. Berita palsu ini sering dinamakan berita hoax oleh para netizen. Pemerintah sendiri saat ini gencar melakukan gerakan menentang hoax di sosial media karena beritanya yang sudah mengarah ke ancaman persatuan negara.

Berita palsu di internet terutama di sosial media saat ini sudah dirasa sangat membahayakan bukan hanya untuk pengguna sosial media namun juga untuk negara. Pasalnya sosial media yang saat ini banyak digunakan masyarakat menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan informasi. Pengguna sosial media yang kebanyakan adalah generasi muda menjadi sangat mudah terprovokasi karena minimnya pengalaman. Kemudahan penyebaran informasi hanya melalui satu buah klik juga menyebabkan cepatnya berita palsu menyebar kemana saja.

Agar Anda menjadi pengguna sosial media yang pintar dan bisa memilah mana berita asli atau berita hoaxmaka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Perhatikan konten berita. Jika berita tersebut meminta Anda untuk melakukan sesuatu atau menulis di komen maka kebanyakan berita yang ditampilkan hanya demi banyaknya komen yang didapat sehingga informasinya kurang akurat.
  • Sebelum melakukan share suatu informasi ada baiknya Anda mencari informasi lain yang bisa menguatkan dari sumber lainnya.
  • Perhatikan situs penyebar berita, apakah situs yang bisa dipercaya ataukah hanya informasi sepintas dari akun orang.

Sangat penting adanya ilmu atau informasi tambahan lainnya yang menguatkan sebuah berita apakah benar atau tidak. jangan sampai Anda menjadi sarana penyebaran sebuah berita palsu apalagi sebuah berita yang memprovokasi. Bisa jadi berita tersebut dibuat oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan pribadi yang menyebabkan kerugian pada banyak pihak. Berhati-hatilah dalam menyebarkan informasi sebelum mengetahui jelas duduk permasalahannya.

Saat ini gerakan untuk mencegah penyebaran berita hoax sedang gencar digalakkan pemerintah baik melalui pendekatan sosial dan edukasi juga melalui aturan hukum yang mengikat. Payung hukum dalam penggunaan IT dipertajam sehingga orang-orang yang sengaja membuat dan mempublikasikan berita palsu yang efeknya dapat merugikan orang banyak bisa dijerat pasal hukum. Karenanya jika Anda sering menggunakan internet terutama sosial media, gunakanlah secara wajar dan jangan mudah terprovokasi apalagi jika mengenai berita yang sering disebarkan sehingga tidak ikut menjadi sarana dalam merugikan orang banyak. Ada baiknya memperhatikan perlu atau tidaknya menyebarkan sebuah berita atau informasi sebelum melakukannya dari sosial media milik Anda.

 

Be the first to comment on "Cara Mengenali Berita Hoax di Sosial Media"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*