Cerdas Menggunakan Internet dengan Waspada Berita Hoax

Perkembangan zaman seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Hal ini menjadikan banyak sekali teknologi baru yang muncul, terutama dalam bidang komunikasi yang kini semakin memudahkan manusia. Tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap informasi yang kerap tersebar di dunia maya karena kurangnya literasi digital sehingga menjadikan banyak sekali berita hoax yang memiliki unsur SARA, provokasi dan berita bohong lainnya yang menyesatkan pembaca.

Berita hoax ini pun bukan hanya sekedar dibaca saja oleh para netizen atau pengguna internet. Namun netizen juga bahkan menyebarkannya dan terus tersebar luas sehingga peredaran akan berita bohong ini pun semakin luas yang menimbulkan adanya provokasi dan kontroversi lantaran fitnah ada dimana-mana. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyikapi berita yang hoax:

  • Hati-hati judul provokatif

Kerapkali berita yang hoax dibumbui dengan adanya judul provokatif misalnya menebar kebencian pada pihak tertentu. Isinya bahkan merupakan bahan yang diambil dari sumber resmi namun diputarbalikkan faktanya sehingga beritanya semakin gurih untuk dibaca namun tidak ada kebenarannya sama sekali. Untuk itu, apabila Anda menjumpai berita dengan judul terkesan memprovokasi, lebih baik cermati dulu dan jangan terbuu-buru membagikannya.

  • Lihat alamat situs

Cermati kembali terkait alamat situs yang menjadi sumber berita itu ada sehingga bisa diketahui apakah berita tersebut memang resmi keluar atau tidak. Apabila berita itu adalah berasal dari domain blog, maka bisa jadi berita tersebut palsu adanya dimana tidak dapat diverifikasi kebenarannya.

  • Periksa kembali faktanya

Asal berita dan sumber resminya dari berita tersebut juga wajib ada jika Anda ingin mempercayai berita tersebut. Hindari mudah percaya dengan informasi yang ada dari penggiat ormas, pengamat atau tokoh politik karena bisa jadi hal ini hanya dilihat dari sudut pandang satu pihak saja sehingga cukup provokatif. Selain itu cerdaslah sebagai pembaca dan ketahui berita yang berdasar opini atau fakta sehingga tidak salah dalam penafsirannya. Selain itu cek kembali keaslian dari gambar karena bisa jadi gambar tersebut hanya hasil comotan dari berita lain.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menyikapi berita bohong yang kini banyak tersebar di dunia maya. Untuk Anda yang menjumpai informasi yang terkesan hoax, jangan diam saja karena hal ini bisa memberikan kerugian bagi orang lain. Untuk itu, laporkan berita yang hoax tersebut dengan sarana media masing-masing karena setiao media sosial melengkapi dengan adanya pelaporan untuk hal semacam ini. Selain itu, Anda juga bisa melaporkannya langsung kepada Kemenkominfo yaitu dengan mengirim e-mail ke aduankonten@mail.kominfo.go.idBudayakan cerdas memilah berita dan hindari berita hoax menyebar ke masyarakat luas.

 

 

Be the first to comment on "Cerdas Menggunakan Internet dengan Waspada Berita Hoax"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*