Dicubit Tidak Membuat Sakit, tetapi Empuk dan Legit, Inilah Resep Kue Cubit!

 

Siapa yang suka cubit, atau suka menjadi sasaran cubit karena emesh, emesh, emesh? Cubit yang satu ini berbeda dengan apa yang kamu alami, ya. Cubit yang satu ini adalah kue tradisional dari kota kembang, Bandung. Tidak hanya populer di Bandung, jajanan pasar yang satu ini sudah terkenal juga di ibukota, Jakarta. Nah, berikut resep kue cubit yang bisa coba kamu praktikkan sendiri.

sebenarnya, saat ini sudah banyak variasi dari kue cubit. Dengan kata lain, kue cubit dapat dinikmati dengan berbagai varian rasa. Selain itu, bentuknya juga bisa disesuaikan sesuai keinginan, tidak harus bulat atau mengembang layaknya bunga. Jadi, tidak ada bentuk paten atau rasa original dari kue cubit itu sendiri.

Pada dasarnya, proses membuat kue cubit sangatlah mudah dan cukup praktis. Tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak ada bahan yang sulit untuk dicari. Adonan untuk kue cubit bisa dikatakan seperti adonan kue pada umumnya. Tanpa perlu mempelajarinya secara khusus. Jika kamu sudah terbiasa membuat kue, pasti sudah familiar dengan cara membuat kue cubit. Nah, berikut cara membuat kue cubit yang mudah untuk dipraktikkan.

Bahan Membuat Kue Cubit

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 200 ml susu cair
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • keju parut dan coklat meses secukupnya (opsional)

Bahan-bahan di atas tentunya mudah untuk menemukannya, ya. Cukup datangi warung atau toko yang menjual keperluan sehari-hari dapatlah bahan untuk membuat kue cubit. Setelah mendapatkan bahan yang diperlukan, selanjutnya adalah langkah untuk membuatnya. Meskipun terlihat mudah, jangan sampai ada yang terlewatkan, lho. Terlewat satu langkah saja bisa mengurangi hasil yang kamu inginkan. Bisa jadi bukan kue cubit empuk yang kamu dapatkan, melainkan kue cubit berisi yang sulit ditelan. Jadi, ikuti langkahnya dengan cermat, ya.

Langkah Membuat Kue Cubit Enak dan Empuk

  1. Siapkan wadah, lalu masukkan telur dan gula pasir (usahakan gula benar-benar tercampur), kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bersama susu cair. Aduk hingga rata. Tuangkan margarin cair, aduk hingga rata. Kemudian, masukkan soda kue, baking powder, dan vanili bubuk.
  3. Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya, seperti teko atau gelas takar agar lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan.
  4. Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlebih dahulu diolesi sedikit margarin atau minyak agar tidak menempel. Setelah cetakan panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan, lalu tutup.
  5. Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan keju atau coklat meses, lalu tutup kembali. Teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecokelatan.
  6. Keluarkan dari cetakan. Kue cubit yang enak, empuk, dan legit siap disajikan.

Mudah bukan cara membuat kue cubit. Ini bisa menjadi salah satu alternatif camilan untuk kumpul dengan keluarga di sore atau malam hari. Sangat disarankan juga untuk menyandingkannya bersama dengan teh hangat. Terbayangkan hangatnya suasana sore atau malah hari karena kehadiran kue cubit bersama teh yang menyegarkan. Tunggu apalagi, cobalah untuk membuatnya dan sajikan!

Sumber gambar:

https://3.bp.blogspot.com/-2XC4qYfoNe4/Wl7aJv4NO-I/AAAAAAAAASM/G2y4h5ar0RgIS_lDZmGbzHmn-Qqr237TgCLcBGAs/s1600/Kreasi%2BResep%2BKue%2BCubit%2BPelangi%2B%2528youtube.com%2529.jpg

Be the first to comment on "Dicubit Tidak Membuat Sakit, tetapi Empuk dan Legit, Inilah Resep Kue Cubit!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*