Gitar Ukulele, Yuk Berkenalan dengan Alat Musik Petik yang Cantik dan Praktis Ini!

Jika kamu belum pernah melihat ukulele, bayangkanlah gitar yang body-nya besar dan bersenar banyak. Nah, ukulele tidak lain adalah gitar, namun bentuknya lebih kecil dengan senar yang lebih sedikit. Jadi, tidak salah jika kita sebut gitar ukulele sebagai alat musik yang cantik dan praktis. Selain mudah dibawa ke mana-mana, hasil bunyi petikannya juga tidak kalah dengan gitar.

Pepatah lama mengatakan, “Tak kenal, maka tak sayang”, yuk kenalan dulu sama asal-usul gitar ukulele supaya tambah penasaran,  jadi sayang, deh.  Gitar ukulele merupakan alat musik asli dari Hawaii. Alat musik petik ini ditemukan sekitar tahun 1878. Di Indonesia sendiri, gitar ukulele cukup terkenal di kalangan pemain musik keroncong.

Ukulele memiliki berbagai macam jenis. Jenis yang paling umum digunakan di Indonesia, yaitu jenis Concert, ialah model gitar dengan ukuran sekitar 38 cm dan bernada G, C’, A’, dan E’. Nah, berikut adalah beberapa jenis dan ukuran gitar ukulele, yang direkomendasikan pula untuk kamu yang ingin memilikinya.

  1. Gitar Ukulele Model Soprano

Ukuran 33 cm. Tuning (standard) Tala g’c’e’a’ atau a’d’f#b’

Gitar ukulele model Saprano adalah model paling kecil yang merupakan bentuk tradisional dari ukulele. Ukurannya yang kecil menjadikannya praktis untuk dibawa kemana-mana. Model ini sangat disarankan bagi pemula yang ingin belajar ukulele. Jadi, kamu yang ingin mencoba bermain ukulele atau ingin memilikinya, pilihlah model terkecil ini.

  1. Gitar Ukulele Model Concert

Ukuran 38 cm, Tuning Tala g’c’e’a’

Ini adalah model yang sudah disinggung di awal sebagai gitar ukulele yang seringkali digunakan oleh orang Indonesia. Body gitar ukulele model Concert lebih besar dari model Soprano. Meskipun lebih besar, gitar ukulele ini dikatakan sebagai ukuran yang paling ideal. Dengan ukuran ideal tersebut model ini memudahkan jari untuk bereksplirasi lebih jauh tanpa meninggalkan suara asli dari ukulele.

  1. Gitar Ukulele Model Tenor

Ukuran 43 cm, Tuning tala g c’e’a’ atau d’ g b e’

Dilihat dari ukurannya model tenor adalah model yang lebih besar dari Concert. Ukuran body dan neck dari gitar ukulele ini tidak jauh berbeda. Model ini juga menjadi pilihan pemain ukulele profesional. Hal itu ditengarai karena jarak antara fret dengan lebar fretboardnya yang  lebih jauh. Gitar ukulele ini menghasilkan suara yang lebih tebal sehingga cocok untuk dimainkan solo (sendiri).

  1. Gitar Ukulele Model Baritone

Ukuran 48 cm, Tuning Tala d g b e’

Ini adalah salah satu model gitar ukulele yang bisa dikatakan paling besar. Model ini paling cocok untuk pemain gitar yang ingin pindah atau menjajal ukulele secara instant. Pada umumnya ukuran ini memiliki tuning yang sama dengan 4 senar bawah pada gitar D-g-b-e sehingga chord yang dimainkan sama dengan gitar.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis gitar ukulele, silakan tentukan pilihan. Model gitar apa yang ingin kamu miliki. Model yang direkomendasikan bagi pemula (newbie) adalah model pertama, yaitu Concert, sedangkan jika kamu adalah pemain pemula yang sebelumnya memainkan gitar, model Baritone bisa menjadi pilihan yang tepat. Harga ukulele juga terjangkau, yaitu antara 50—200 ribuan saja. Tentunya, itu adalah harga untuk kamu yang baru ingin bermain atau mempelajarinya. Setelah mahir boleh saja jika ingin membeli gitar ukulele dengan harga jutaan, atau bahkan mengoleksinya. Semua pilihan ada ditanganmu.

Sumber gambar:

https://images.equipboard.com/blog_content/types-of-ukuleles.jpg

Be the first to comment on "Gitar Ukulele, Yuk Berkenalan dengan Alat Musik Petik yang Cantik dan Praktis Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*