Hasil Foto Profesional dengan Menggunakan Smartphone, 15 Trik Kamera Ini Wajib Anda Coba

Hasil Foto Profesional dengan Menggunakan Smartphone, 15 Trik Kamera Ini Wajib Anda Coba

Semua orang tentunya ingin menyukai hasil foto yang bagus. Sayangnya, hasil foto bagus selalu identik diambil menggunakan kamera DSLR. Namun, kini Anda tak perlu khawatir. Dengan menggunakan bebeberapa trik kamera dan memaksimalkan fiturnya, Anda juga bisa menghasil foto yang tak kalah bagus hanya dengan bermodalkan kamera smartphone saja.

Hasil Foto Profesional dengan Menggunakan Smartphone, 15 Trik Kamera Ini Wajib Anda Coba

Bersihkan Lensa Kamera

Mengingat penggunaan smartphone Anda yang membuatnya harus dibawa ke mana-mana membuat kamera handphone boleh jadi menjadi kotor, entah karena kotoran debu ataupun bekas sidik jari Anda yang membuat pengambilan gambar nantinya menjadi kabur. Oleh karena itu, trik kamera pertama yang harus Anda lakukan adalah memebersihkan lensa kamera smartphone.

Gunakan Tombol Shutter

Trik kamera selanjutnya adalah menggunakan tombol kamera pada layar handphone biasanya memungkinkan foto yang diambil goyang karena getaran. Untuk meminimalisir getaran, sebaiknya Anda menggunakan tombol shutter dengan memanfaatkan tombol volume di bagian samping smartphone.

Sesuaikan Landscape dengan Objek Foto

Jika Anda senang mengambil foto pemandangan, sebaiknya Anda mengatur landscape kamera anda dengan format 16:9. Ini dimaksudkan agar pemandangan dapat sebanyak mungkin masuk ke dalam frame kamera Anda karena resolusinya yang luas

Hindari Penggunaan LED Flash

Untuk mendapatkan hasil foto terbaiknya, sebaiknya jangan menggunakan LED Flash. Usahakan selalu gunakan cahaya alami pada objek yang akan Anda abadikan. Bahkan pada DSLR pun, para fotografi profesional jarang menggunakan blitz kamera kalau bukan dalam keadaan darurat. Saran jika cahaya alami yang Anda dapatkan minim, trik kamera di sini adalah Anda bisa meningkatkan eksposure (EV) dan ISO pada kamera smartphone Anda.

Penutup Kaca Mobil Dimanfaatkan sebagai Reflektor

Trik kamera selanjutnya adalah memanfaatkan benda-benda di sekitar sebagai alat penunjang fotografi. Seperti penutup kaca mobil yang berwarna perak atau emas sebagai reflektor pengganti reflektor yang biasa digunakan para fotorgrafer profesional.

Hasilkan Objek Ganda dengan Memanfaatkan Fitur Kamera Panorma

Hampir semua kamera pada smartphone sudah dilengakpi dengan fitur panorama. Selain dipakai untuk memotret pemandangan dalam skala luas, fitur ini juga bisa Anda gunakan jika ingin menghasilkan foto dengan objek ganda. Caranya pun cukup mudah, saat kamera mengambil gambar dengan 360 derajat, pindahkan objek yang ada di foto mengikuti arah gerakan kamera.

Jangan Gunakan Zoom Digital

Kualitas foto yang bagus tergantung dari bagaimana Anda menggunakan fitur-fitur yang melekang pada smartphone Anda. Namun semua fitur juga sebaiknya tidak Anda gunakan. Seperti fitur digital zoom yang bisa menghancurkan hasil foto kalau Anda gunakan.

Lebih Dekat dan Penuhi Viewfineder dengan Objek

Saat lokasi Anda letaknya jauh dari objek foto, sebaiknya yang harus Anda lakukan adalah mendekat ke arah objek dan penuhi viewfinder dengan objek yang akan Anda foto. Jangan malah menggunakan fitur zoon karena akan merusak kualitas foto.

Be the first to comment on "Hasil Foto Profesional dengan Menggunakan Smartphone, 15 Trik Kamera Ini Wajib Anda Coba"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*