Ini Dia Resep Bakso Paling Enak di Bandung

Bakso adalah salah satu makanan atau cemilan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak peduli dimanapun daerahnya pasti ada bakso-bakso khas yang disajikan. Seperti bakso solo, bakso malang, bakso rudal dan masih banyak jenis bakso lainnya. Bukan hanya penamaan sesuai daerah yang beragam bahan dasar dari pembuatan baso ini pun beragam. Mulai dari menggunakan bahan dasar daging sapi, ikan, udang atau bakso yang sengaja ditambahkan sayur-sayuran supaya lebih sehat.  Bakso sudah tidak perlu diragukan lagi kepopulererannya di Indonesia. Mudah untuk menemukan penjual bakso keliling, atau abang-abang yang setia menunggu di warung baksonya bisa juga kita membeli bakso yang sudah dikemas di supermarket. Walaupun sudah sangat mudah menemukan makanan yang satu ini tapi boleh dong coba buat dengan resep kuah bakso sapi sendiri?

Kalau coba buat bakso sendiri kita akan bisa mendapat porsi bakso yang lebih banyak, bakso yang lebih sehat juga bakso yang sesuai dengan sesuai dengan selera keluarga kita. Biasanya bakso disajikan dalam mangkok dengan kuah bening bisa digabung dengan makanan lainnya seperti mie, bihun, tauge, sayur, bawang goreng, pangsit atau kerupuk. Nah supaya makin mantap tambah sambal banyak-banyak biar makin hot. Bakso ini paling cocok disantap ketika hujan atau kalau orang sunda ketika merasa pusing dan ingin sesuatu yang segar akan makan bakso super pedas.

Bakso bisa dibuat dengan mudah karena bahan-bahan yang diperlukan tidak sulit untuk didapat. Kalau keluarga kita biasa untuk menyimpan bakso mungkin kita akan memilih datang ke pasar, ke tempat-tempat penggilingan bakso. Tapi, kalau mencoba membuatnya bersama anak-anak kita bisa menggunakan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat. Ciri khas dari bakso sendiri adalah bola daging tidak heran jika bakso berbentuk bulat, terkadang memiliki tambahan isi lainnya.

Lalu bagaimana caranya membuat resep bakso sapi sendiri ini? Langkah pertama siapkan semua bahan-bahan untuk membuat bakso beserta kuahnya.

Bahan-bahan bakso

  1. Daging sapi (250gr)
  2. Tepung Tapioka (3 Sdm >)
  3. Bawang putih (2 siung>)
  4. Es batu (secukupnya)
  5. Merica bubuk (1/2 sdm>)
  6. Baking (1/2 sdt)
  7. Garam (1 sdm>)

Kuah Bakso bening

  • Air (4 lt)
  • Tulang Sapi (400 gr >)
  • Merica bubuk (1sdm)
  • Daun Bawang (Secukupnya)
  • Bawang Putih (12>)
  • Garam dan gula secukupnya

Itu adalah bahan-bahan yang harus disiapkan. Ingat ya, karena semuaya sesuai selera kita jadi kalau dirasa ada yang kurang bisa ditambahkan sesuai dengan selera. Seperti anak-anak kadang tidak suka makan bawang, bisa dikurangi bawang putihnya supaya aromanya tidak terlalu menusuk. Sedangkan untuk adonan bakso sesuaikan dengan selera. Usahakan membuat bakso tidak terlalu banyak bahan dagingnya karena akan membuat bakso sulit untuk dibentuk. Tidak juga menambahkan terigu terlalu banyak karena akan membuat bakso menjadi keras.

Langkah-langkah membuat bakso:

  1. Giling atau cincang daging sampai hancur.
  2. Campur es batu, merica, bawang putih, baking dan daging hingga merata.
  3. Tambahkan tepung tapioka dan garam pada adonan bakso tadi
  4. Potong atau bulatkan sesuai ukuran yang diinginkan
  5. Rebus atau kukus bakso hingga matang, biasanya hingga adonan bakso tidak lengket lagi

Langkah-langkah membuat kuah bakso:

  1. Didihkan air hingga 100oC
  2. Rebus tulang sapi hingga keluar aroma kaldunya
  3. Potong bawang putih dan daun bawang lalu masukan ke air kaldu
  4. Tambahkan garam dan merica secukupnya.

Terakhir sajikan bakso bening khas bandung dengan taburan bawang goreng kering dan potongan sayuran sesuai selera dan bakso bening siap dihidangkan. Jangan lupa rekomendasikan resep ini pada kerabat dan kawan-kawan dekat karena sangat mudah untuk dibuat.

 

Sumber: cookpad.com, www.beritainfo.web.id, www.markaindo.co.id

Sumber gambar: pixabay.com

Be the first to comment on "Ini Dia Resep Bakso Paling Enak di Bandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*