Jadikan Beranda Media Sosial Lebih Positif dan Anti Berita Hoax dengan Cara Ini!

Internet saat ini telah penuh dengan berbagai informasi. Selain informasi yang memang penting untuk diberitakan, banyak juga berita palsu atau berita hoax yang terkesan mengadu domba di internet. Pengguna internet yang kurang mampu berfikir jernih dan mudah terprovokasi pun dengan mudahnya membagikan berita tersebut di laman media sosialnya dan begitu seterusnya. Pada akhirnya berita palsu tersebut pun tersebar dengan sangat cepat dan menimbulkan keresahan, kebencian hingga kesalahpahaman.

Sudah bukan rahasia lagi jika netizen Indonesia sangat mudah terprovokasi. Hal inilah yang menjadikan berita palsu mudah sekali tersebar sehingga menguntungkan suatu pihak yang menyebarnya demi kepentingan pribadi atau kelompoknya. Untuk itu, mulai sekarang ada baiknya agar setiap berita yang dibaca betul-betul disaring sehingga berita yang benar dan palsu lebih bisa dibedakan. Dibanding membagikan berita yang belum tentu benar atau tidaknya, maka berikut ini beberapa tips menangkal berita hoax, antara lain:

  • Mengutip kata indah dari buku, film atau tokoh

Untuk mengubah sosial media menjadi hal yang bermanfaat dan positif, Anda bisa membagikan kutipan indah dari buku yang bermakna dan bermanfaat. Pasti Anda kerap membaca beberapa buku dan menemukan beberapa kata-kata menarik di sana yang patut untuk diketahui semua orang. Dibanding menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya, maka lebih baik membagikan kutipan kata indah tersebut agar semua orang yang membaca di beranda Anda lebih termotivasi dan terinspirasi.

Baca Juga: Cerdas Menggunakan Internet dengan Waspada Berita Hoax

  • Kisah inspirasi

Tak hanya kata motivasi saja yang bisa Anda bagikan kepada teman-teman dan pengikut Anda. Kisah inspirasi pun bisa Anda ambil dari berbagai sumber. Usahakan agar kisah inspirasi tersebut memang mampu memberikan teladan sehingga yang membacanya pun terinspirasi untuk terus bisa berbuat baik ke orang lain.

  • Sebarkan berita baik

Dibanding menyebarkan berita yang terkesan kontroversial dan tidak pasti kebenarannya, ada baiknya jika Anda menyebarkan berita-berita baik dan membanggakan, misalnya siswa Indonesia yang lolos ke ajang olimpiade, atau berita baik lainnya yang menumbuhkan motivasi kepada pembaca untuk semakin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Itulah beberapa cara agar Anda bisa menangkal berita hoax yang kerap tersebar di internet. Jika Anda membaca sebuah berita dan menemukan jika berita tersebut sarat akan adu domba dan kontroversi, alangkah baiknya jika dilihat terlebih dulu sumbernya. Jika sumber tersebut tidak terpercaya, Anda bisa melaporkannya ke situs berita palsu sehingga berita akan dihapus. Dengan cara ini, langkah kecil Anda akan bisa menyelamatkan orang lain yang membacanya dan mungkin bisa teradu domba dengan berita tersebut. Selamatkan Indonesia dari berita palsu!

 

Be the first to comment on "Jadikan Beranda Media Sosial Lebih Positif dan Anti Berita Hoax dengan Cara Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*