Jangan Khawatir, Ini Rekomendasi Skin Care Routine untuk Jerawat

Salah satu masalah kulit yang sering mengganggu aktivitas wanita adalah jerawat. Jerawat muncul ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori pada wajah. Terjadi infeksi dan radang kelenjar minyak pada kulit wajah yang berjerawat. Munculnya jerawat pada wajah dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti hormon saat pubertas, stres, gaya hidup yang tidak baik, faktor genetik, alergi, pemakaian produk yang tidak cocok, iritasi kulit, dan masih banyak lagi. Ada berbagai cara untuk mengatasi jerawat pada kulit, tergantung kondisi kulit dan solusi yang sesuai. Salah satunya adalah merawat kulit dengan skin care routine. Salah satu brand yang menawarkan perawatan kulit adalah skin care Jafra. Penggunaan skin care yang sesuai dapat membantu  mengatasi masalah jerawat dan mengontrol pertumbuhan jerawat pada semua jenis kulit.

Bagi banyak orang, jerawat mudah muncul namun sulit untuk dihilangkan, terutama noda bekasnya. Oleh karena itu diperlukan perawatan khusus untuk kulit agar kondisi kulit tidak semakin parah. Berbeda dari skin care untuk kulit dengan kondisi normal, kulit berjerawat memiliki beberapa tambahan tahapan skin care routine untuk jerawat.

  1. Membersihkan (Cleansing)

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah wajah yang tidak dibersihkan setiap harinya. Membersihkan wajah dapat dilakukan di pagi dan malam hari. Cleanser  berbentuk milk cleanser, oil cleanser, ataupun micellar water dapat digunakana untuk menghapus riasan  wajah. Gunakan kapas untuk membantu mengangkat kotoran dari wajah.

Untuk memastikan wajah yang bersih, langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Anda dapat menggunakan sabun cuci muka yang gentle dan tidak membuat kulit kering, khususnya untuk kulit berjerawat.

  1. Eksfoliasi (Exoliating)

Kulit yang berjerawat juga membutuhkan proses eksfoliasi. Proses ini berguna untuk mengangkat sel kulit, membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta mencerahkan wajah. Gunakan exfoliating toner yang mengandung salicylic acid untuk mengatasi jerawat yang meradang maupun bekas jerawat. Penggunaan produk eksfoliasi dianjurkan dua atau tiga hari sekali. Ekfoliasi yang berlebihan atau terlalu sering dapat menyebabkan kulit iritasi bahkan dapat menimbulkan jerawat lain.

  1. Hidrasi

Penggunaan hydrating toner disarankan setelah membersihkan wajah. Kulit yang berjerawat memerlukan toner  yang memiliki kandungan vitamin C, yang berguna membersihkan komedo pada pori-pori kulit wajah. Toner yang satu ini digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit agar tidak dehidrasi. Hydrating toner dapat digunakan setiap hari dengan cara menuangkannya ke tangan.

  1. Serum, Essense, dan Moisturizer

Penggunaan serum dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Kegunaan serum juga bergantung pada jenisnya, seperti serum vitamin C yang dapat memperbaiki tekstur kulit. Produk lain yang digunakan untuk mengatasi kulit secara spesifik adalah essence. Untuk kulit berjerawat sebaiknya menggunakan essence yang mengandung tea tree atau witch hazel.

Selanjutnya gunakan pelembab atau moisturizer. Pelembab menjadi langkah wajib dalam skin care routine. Untuk kulit berjerawat, pelembab dapat memabantu mencegah produksi minyak berlebih pada kulit.

 

  1. Spot Treatment

Nah, ini dia langkah yang ampuh meredakan jerawat yang meradang. Produk yang digunakan dapat berupa krim ataupun gel dengan kandungan khusus untuk jerawat seperti salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, dsb. Penggunaan krim atau gel untuk jerawat digunakan di malam hari. Lihat disini untuk berbagai jenis perawatan jerawat kamu!

  1. Sunscreen

Khusus untuk pagi hari sebelum memulai aktivitas, gunakan suncscreen untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar matahari. Untuk kulit berjerawat, gunakan tekstur yang tidak terlaku kental, tidak lengket, dan lebih cepat menyerap. Sunscreen sangat berguna melindungi jerawat yang sedang meradang. Jangan lupakan penggunaan sunscreen pada skin care routine untuk jerawat kamu yah!

Be the first to comment on "Jangan Khawatir, Ini Rekomendasi Skin Care Routine untuk Jerawat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*