Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Menggunakan Skin Care Pagi yang Benar dan Tepat!

Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Menggunakan Skin Care Pagi yang Benar dan Tepat!

Tidak cukup hanya dengan menggunaan skin care untuk kulit sensitif saja, kamu juga perlu mengetahui cara menggunakan skin care pagi dan malam. Banyak yang beranggapan bahwa memakai skin care bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu memiliki urutan khusus. Ternyata anggapan itu tidak tepat. Jika kita tidak mengetahui urutan penggunaan skin care yang benar, bisa jadi hal tersebut justru akan merusak kulit dan kenyamanan kita.

Cara menggunakan skin care yang benar meliputi beberapa tahapan dari mulai membersihkan, menyegarkan, sampai melembabkan kulit. Menggunakan skin care di pagi hari harus benar dan tepat karena skin care pagi hari akan melindungi dan menjaga kulit selama seharian beraktivitas.

Yuk simak cara menggunakan skin care pagi yang benar sesuai urutan berikut!

  1. Cleanser


Langkah pertama sebelum mengaplikasikan skin care lain, hal yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah. Bersihkan wajah dengan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu, terutama untuk kulit sensitif. Cleanser terdiri dari lima jenis yaitu cream-based, oil-based, water-based, foam, dan gel. Sebelum menggunakan skin care, sebaiknya kamu mengetahui rekomendasi skincare kulit sensitif agar kamu menggunakan skin care yang tepat.

Setelah wajah dibersihkan dengan cleanser, keringkan dengan handuk yang bersih. Membersihkan wajah dengan cleanser sangat penting karena jika wajah tidak dibersihkan, maka sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan kulit menjadi kusam. Lebih parahnya lagi, sel kulit mati yang menyumbat pori bisa menyebabkan jerawat. Jadi membersihkan wajah dengan cleanser atau facial foam/facial wash itu wajib dilakukan.

  1. Facial Toner


Setelah wajah dibersihkan, kita harus menggunakan toner yang mudah meresap sehingga kulit menjadi lebih lembut, segar dan kenyal. Namun penggunaan toner sebenarnya hanya dianjurkan bagi pemilik wajah berminyak. Untuk wajah yang kering justru tidak dianjurkan digunakan setiap hari karena membuat kulit semakin kering.

Manfaat menggunakan toner selain menyegarkan kulit yaitu untuk melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori, serta menyeimbangkan kadar pH di kulit wajah. Satu hal penting jug, sebaiknya pilih toner yang bebas alkohol karena skin care yang mengandung kadar alkohol tinggi dapat membuat kulit lebih mudah teriritasi.

  1. Facial Serum atau Moisturizer


Menggunakan serum setiap hari juga ternyata dibutuhkan oleh kulit. Serum digunakan setelah menggunakan toner. Serum sebaiknya digunakan setelah menggunakan facial toner. Manfaat menggunakan serum yaitu agar kulit ternutrisi dan terhidrasi dengan baik. Tidak cukup hanya menggunakan serum, setelahnya gunakan juga moisturizer.

Moisturizer itu sangat penting agar kulit tetap cerah dan lembab sehingga akan mencegah timbulnya penuaan dini pada wajah. Alhasil kulit akan menjadi lebih segar, cerah, lembut, dan kenyal.

  1. Tabir Surya


Jangan pernah melewatkan penggunaan tabir surya setelah menggunakan serum dan moisturizer setiap hari. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari, maka kulitmu membutuhkan tabir surya sebagai pelindung.

Sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang bisa berbahaya di kulit seperti menyebabkan flek hitam dan bahkan kanker kulit. Kamu harus memilih tabir surya yang bertekstur lotion dan mengandung SPF 25 agar dapat melindungi kulit selama di bawah sinar matahari.

5. Lip Balm

Bukan hanya kulit wajah yang perlu perawatan dan perhatian, bibir juga perlu mendaoatkan perawatan dengan cara menggunakan lip balm setiap hari secara rutin. Meskipun kamu hanya beraktivitas di rumah atau di dalam ruangan, penggunaan lip balm tetap penting untuk menjaga kelembaban bibir.

Setiap pagi hari, oleskan lip balm di bibir agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Baru setelah itu kamu bisa mengaplikasikan lipstick yang lebih matte. Manfaat penggunaan lip balm tidak hanya untuk melembabkan bibir saja lho! Lip balm juga bermanfaat untuk mencerahkan warna bibir yang mulai menghitam.

Be the first to comment on "Jangan Sampai Salah, Ketahui Cara Menggunakan Skin Care Pagi yang Benar dan Tepat!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*