Ketahui Cara Memanfaatkan Diskon Belanja Sesuai Kebutuhan

Berbelanja umumnya adalah aktivitas yang sangat disukai kaum hawa. Hal ini lantaran banyak sekali para wanita yang mengklaim mampu melepaskan segala kepenatan dan kejenuhan dengan berbelanja, terutama saat ada diskon. Memang diskon belanja kerapkali membuat banyak konsumennya kalap dan lupa diri sehingga menghabiskan uang banyak. Bahkan barang yang tidak dibutuhkan pun kerapkali ikut terbeli karena terlalu bersemangat.

Hal ini tentu saja kurang baik bagi kondisi keuangan, apalagi jika terus terjadi. Selain itu banyak juga yang mengklaim jika membeli barang diskon sangat menguntungkan mengingat banyaknya barang yang dijual dengan harga murah, padahal tidak selalu demikian. Barang diskon memang lebih murah, namun jika tidak dibutuhkan maka hanya akan membuang uang dengan percuma. Untuk itu, memanfaatkan diskon secara maksimal juga harus memiliki trik tersendiri.

Berikut ini beberapa tips untuk mengamankan budget sehingga tidak terlalu kalap saat ada diskon belanja:

  • Hindari terlalu terburu-buru

Meski memang dapat diakui jika berburu barang diskon sangatlah menyenangkan, namun hal ini bukan berarti memperbolehkan Anda untuk membeli semuanya secara terburu-buru. Membeli barang diskon dengan buru-buru bisa mengakibatkan Anda mendapatkan barang yang justru tidak bermanfaat. Oleh karena itu lebih baik pikirkan matang terkait barang diskon tersebut. Jika memang tidak bermanfaat, maka lebih baik tinggalkan.

  • Beli sesuai kebutuhan

Membeli barang sesuai kebutuhan memang terasa mudah, namun pada kenyataannya hal ini sangat sulit untuk dilakukan, terutama ketika momen diskon besar-besaran. Rasa serakah untuk memiliki semua barang dengan harga murah kerapkali tidak terbendung sehingga mengakibatkan barang yang dibeli pun justru bukan barang bermanfaat. Untuk itu, prioritaskan pada apa yang memang dibutuhkan dan fokus pada barang tersebut.

Baca Juga: Belanja Aman di Tengah Serbuan Diskon, Berikut Ini Caranya!

  • Teliti kembali sebelum membeli

Hal ini jarang sekali dilakukan oleh para penggila diskon lantaran sudah terlalu senang akan barang dengan harga murah. Namun hati-hati karena barang yang dijual secara diskon tersebut bisa jadi adalah barang cacat, atau justru barang palsu. Untuk itu, pastikan cek kembali produk yang dibeli.

  • Hati-hati membaca angka diskon

Pasti Anda kerapkali melihat tulisan diskon 50% + 20%. Ini bukan berarti barang tersebut diskon 70%, melainkan sistemnya adalah dengan diskon terlebih dahulu 50%, kemudian baru dipotong kembali 20%.

Usahakan untuk menggunakan uang tunai saja saat berbelanja dan bawalah hanya sesuai anggaran yang ditentukan di awal tadi. Dengan cara ini, maka penghematan meskipun ketika ada diskon tetap bisa dilakukan. Meskipun diskon belanja sangat menggiurkan, namun Anda sebagai konsumen juga tetap harus cerdas dalam mengatur keuangan dan pemilihan produknya sehingga tidak rugi di kemudian hari.

 

Be the first to comment on "Ketahui Cara Memanfaatkan Diskon Belanja Sesuai Kebutuhan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*