Mengenal Bahan Pembuatan Berbagai Jenis Sepatu

Mengenal Bahan Pembuatan Berbagai Jenis Sepatu

Sepatu merupakan salah satu bentuk alas kaki, yang mempunyai penutup pada bagian punggung kaki secara menyeluruh. Alas kaki ini biasanya akan banyak digunakan oleh pemiliknya sesuai dengan peruntukkan dan acara yang akan dihadiri. Secara umum, alas kaki ini akan dapat kita temukan dalam berbagai bentuk dimana bentuk tersebut biasanya akan diklasifikasikan sesuai dengan model dari alas kaki tersebut, yang dibagi dalam 3 kategori utama yaitu model casual, formal dan sport. Ketiga kategori ini, pun akan dapat Anda temukan dalam berbagai bentuk sesuai dengan fungsi penggunaan dari jenis itu sendiri. Selain dari bentuk dan model, bahan pembuatan dari alas kaki tersebut biasanya juga akan menjadi hal utama yang dipertimbangkan oleh seseorang dalam memilihnya. Berikut ini beberapa jenis bahan yang biasanya banyak digunakan dalam pembuatan alas kaki tersebut:

Mengenal Bahan Pembuatan Berbagai Jenis Sepatu

  • Bahan kulit atau leather

Bahan pembuatan alas kaki ini, biasanya akan lebih sering digunakan dari kulit hewan seperti kulit buaya, ular ataupun sapi. Bahan kulit hewan asli biasanya akan memiliki daya tahan yang lebih kuat serta bertekstur kencang dan cocok digunakan dalam berbagai musim baik musim dingin ataupun musim panas. Bahan kulit inipun biasanya akan banyak diimplementasikan untuk pembuatan alas kaki model pria ataupun wanita. Bahan kulit hewan asli yang digunakan untuk pembuatan alas kaki, biasanya akan dikategorikan dalam beberapa jenis seperti suede, buk, full grain, brush off dan pull up.

  • Bahan synthetic

Bahan synthetic merupakan bahan kulit buatan yang biasanya banyak digunakan untuk berbagai macam jenis sepatu yang saat ini banyak beredar dipasaran. Bahan ini pun terdiri dari berbagai jenis, yang biasanya akan digunakan berdasarkan dari fungsi alas kaki itu sendiri. Bahan synthetic yang biasanya dapat kita temukan antara lain adalah:

  • beludru yang merupakan bahan yang biasanya banyak digunakan sebagai bahan pembuatan sandal wanita, dimana permukaan bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan cenderung terlihat seperti bahan boneka.
  • Canvas merupakan bahan yang bertekstur seperti kain tebal, dimana bahan ini memang biasanya akan lebih banyak dibuat dari kain katun. Bahan model ini biasanya akan lebih mudah untuk dibersihkan.
  • Nylon merupakan bahan yang bertekstur ringan dan berongga, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan alas kaki khusus untuk berolahraga. Bahan ini akan dapat memberikan ruang yang cukup nyaman untuk dapat melakukan berbagai pergerakan ketika berolahraga.

Selain bahan pembuatan pada bagian punggung sepatu, alas kaki untuk berbagai situasi ini pun juga akan memiliki bahan yang berbeda pada bagian sol ataupun alas bawahnya. Secara umum bahan sol ini juga akan dipilih sesuai dengan model dan jenisnya yang akan digunakan. Beberapa bahan yang biasanya dibuat sebagai bahan sol antara lain adalah rubber, polyrethine dan thermo plastic rubber.

Be the first to comment on "Mengenal Bahan Pembuatan Berbagai Jenis Sepatu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*