Mengenal Lebih Dekat Tentang Investasi Bodong

Penipuan yang berhubungan dengan investasi bodong sekarang menjadi semakin marak. Aksinya pun dilakukan dengan cara online dan offline. Beberapa penipuan ini memang sudah dapat di ungkap sesudah bukti disebarkan di sosial media. Dengan tawaran untung yang sangat menggiurkan tersebut, semua orang menjadi semakin tertarik untuk melakukan investasi. Sayangnya, model investasi ini malah merugikan. Di Indonesia penipuan yang berhubungan dengan investasi masih sering menyasar orang yang minim informasi mengenai investasi serta lebih tergiur dengan untung yang tinggi walaupun tidak masuk di akal. Oknum yang tidak bertanggung jawab gencar memasarkan produk investasi pada masyarakat secara offline dan online. Hal ini sudah pasti akan merugikan Anda.

Sebelum mengulas mengenai penipuan investasi ini, Anda harus memahami terlebih dulu apa itu investasi serta seperti apa cara kerjanya sebelum memutuskan untuk turun di dunia investasi. Secara umum investasi adalah kegiatan menghimpun dana dalam waktu tertentu dan bertujuan untuk memperoleh keuntungan nantinya. Kegiatan ini melibatkan dua pihak yakni si pengelola dana dan investor.

Di jaman modern seperti sekarang ini modus kejahatan yang berkembang juga mengikuti perkembangan jaman. Contohnya dengan investasi bodong yang dilakukan secara online. Tipe penipuan investasi di dunia maya ini sering terjadi, biasanya si pelaku mencari korban menggunakan iklan media sosial yang berisi ajakan melakukan investasi dengan keuntungan besar dan di waktu yang singkat. Selain itu penipu akan merencanakan semuanya dengan matang sehingga terlihat profesional, seperti tidak takut, mereka berani mengambil nama OJK di produk mereka. Korban juga diberi laman web palsu untuk melakukan pendaftaran investasi.

 Baca juga beberapa tips dan trik nya agar terhindar dari investasi bodong, Lihat selengkapnya di beritajualbeli.com

Kedua, arisan bodong. Arisan ini mirip dengan arisan pada umumnya, penipuan ini dilakukan di sebuah kelompok yang menghimpun uang. Hanya, dalam arisan bodong ini memberi keuntungan yang besar setiap seseorang memperoleh giliran menang. Dalam kasus ini penipu berperan sebagai orang yang menghimpun dana dari arisan. Jenis arisan ini bervariasi mulai dari arisan emas, barang hingga yang lainnya. arisan ini juga sering ditawarkan secara online. Modusnya menawarkan arisan pada calon korban menggunakan media sosial. Target arisan menyasar ibu rumah tangga untuk korbannya, tetapi tidak menutup kemungkinan bila orang biasa juga masuk ke dalamnya.

Model investasi bodong yang terakhir ialah koperasi bodong. Seperti yang kita ketahui, koperasi digunakan untuk membantu mengembangkan kemampuan ekonomi anggotanya serta masyarakat. Termasuk koperasi simpan pinjam yang baru-baru ini menjadi kedok penipuan investasi. Dalam kasus koperasi ini, orang yang menyimpan uangnya di koperasi akan ditawari bunga yang begitu besar per bulannya. Sedangkan, orang yang telah bergabung dalam koperasi tersebut diminta mencari investor lain untuk mendapatkan bonus yang lebih tinggi, hal ini mirip dengan bisnis MLM.

 

Be the first to comment on "Mengenal Lebih Dekat Tentang Investasi Bodong"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*