Oli Terbaik untuk Mobil Avanza

Memilih oli untuk kendaraan seperti mobil seringkali membuat pemiliknya harus melakukan uji coba pada beberapa merek. Padahal, sebenarnya jika tidak ingin melakukan uji coba dan berganti-ganti cukup mengikuti apa yang disarankan oleh manual mobil tersebut. Lalu bagaimana dengan mobil sejuta umat di Indonesia alias Avanza? Secara umum standar pabrikan untuk mobil keluaran tahun 2000-2001 sudah harus memakai pelumas dengan spek 5w-40 atau 10w-40. Avanza sendiri menggunakan spesifikasi 10w-40. Spesifikasi oli yang semakin encer tersebut dikarenakan teknologi mesin yang telah di upgrade sehingga lebih canggih. Mobil Avanza dari sisi dapur pacu memiliki 2 dapur pacu 1300 cc dan 1500 cc. Castrol Magnatec Fastron Techno

Toyota Avanza memakai spek oli API service berkode SM dan memakai TMO (Toyota Motor Oil). Avanza memerlukan 4 liter oli disetiap pengggantian olinya. Sedangkan untuk Avanza menggunakan oli girboks  API service GL5 dengan SAE 80 w – 90.  Lalu apa fungsi bagi kita untuk mengetahui spesifikasi-spesifikasi dari oli yang ada mobil Avanza? Untuk anda yang mau menggunakan merek lain bisa dengan mudah menyesuaikan, yang terpenting sesuai dengan spek yang dianjurkan oleh manual. Jadi anda tinggal melihat spek oli tersebut, sesuaikan dengan SAE yang dianjuran. Angka SAE sendiri menunjukan tingkat ke enceran dari oli, sedangkan pelumas yang semakin encer maka akan semakin meringankan kerja mesin dan menurunkan konsumsi terhadap BBM. Sayangnya oli dengan tingkat kekentalan yang semakin encer harganya akan semakin mahal dan semakin sulit ditemui dipasaran.

Di Indonesia sendiri beredar berbagai macam merek oli yang sudah terkenal dan teruji kualitasnya. Merek-merek seperti Eneos, Shell, Castrol, Chevron dan merek lainnya. Jika ingin mengganti oli mobil avanza yang sudah teraplikasi di mobil mungkin dapat mencoba beberapa rekomendasi. Seperti:

  1. Fastron Techno, adalah salah satupelumas mesin bermutu tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar base oil synthetic dengan tingkat kerja yang memenuhi persyaratan API SN. Pelumas ini cocok untuk kendaraan generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka seperti Toyota Avanza. Fastron Techno SAE 5W-30 adalah pelumas mesin kualitas premium. Produk ini diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan aditif pilihan. Selain itu Fastron Techno juga memenuhi spesifikasi ketat OEM seperti Mobil Mercedes Benz, BMW, VW, dan Porsche. Jadi sudah pasti teruji dan di akui secara internasional. Fastron Gold Sae 5w-30 direkomendasikan untuk kendaraan generasi terbaru salah satunya Toyota Avanza.
  2. Castrol, Kalau merek ini memang salah satu produsen oli yang sudah cukup lama dan dipercaya di Indonesia. Bahkan, oli diakui menjadi merek oli yang paling populer di Indonesia. Salah satunya varian produknya adalah Castrol Magnatec SAE 10W/40 yang memiliki kandungan molekul pintar. Formulanya diklaim mampu membersihkan mesin secara menyeluruh. Selain itu, oli mesin mobil yang satu ini dilengkapi juga dengan teknologi syntetic yang akan membuat oli menempel kuat pada permukaan mesin sehingga akan mampu membentuk sebuah lapisan ekstra yang melindungi mesin pada mobil selama perjalanan. Harga oli mobil Castrol Magnatec SAE 10W/40 ini berada di sekitar Rp360 ribuan. Tapi tentu akan berbeda disetiap tempat pembelian. Harga yang sepadan untuk mendapatkan oli mobil terbaik. Selain itu produk ini juga memiliki spesifikasi yang sangat pas dengan kebutuhan mobil Avanza.

 

Silahkan bagi pengemudi yang tertarik untuk mengganti oli dapat mencoba salah satu dari rekomendasi yang diberikan. https://review.bukalapak.com/auto/castrol-dan-rekomendasi-oli-terbaik-untuk-mobil-43903

 

Sumber: www.bisaotomotif.com, http://mymobiltips.blogspot.com, oto.detik.com

Sumber gambar: ato24.de

Be the first to comment on "Oli Terbaik untuk Mobil Avanza"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*