Pastikan Kelengkapan Surat-surat Berikut Jika Ingin Membeli Mobil Bekas di Bandung

Membeli mobil bekas di kawasan Bandung bukan hal yang mudah, karena banyak pasar mobil bekas yang mudah untuk diakses. Namun, penting untuk memperhatikan kelengkapan surat kendaraan agar mudah untuk mengurus balik nama mobil.

Yang dimaksud dengan balik nama adalah mengganti nama pemilik sebelumnya yang tercantum di STNK dengan nama pemilik yang baru. Meskipun telah membayar lunas, jika nama yang tercantum di STNK adalah nama orang lain maka mobil belum dimiliki secara sah.

Proses balik nama sendiri sangat mudah, namun memang harus mencari hari yang tepat. Karena proses balik nama membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bukan karena lambatnya petugas dalam memproses, namun antrian disetiap harinya yang membuat proses balik nama cukup lama.

Lalu bagaimana syarat yang diperlukan untuk melakukan proses balik nama? Berikut penjelasan syarat-syarat balik nama mobil yang harus dilengkapi.

  1. BPKB asli

Kelengkapan pertama yang harus ada adalah BPKB asli. BPKB atau buku pemilik kendaraan bermotor berfungsi untuk mengetahui pemilik aslinya. Karena pada beberapa kondisi, BPKB akan mempermudah dalam segala proses yang berkaitan dengan kendaraan yang tertera di dalamnya.

Apabila mobil yang akan dibalik nama masih dalam proses cicilan, maka yang dapat dilakukan adalah meminta surat keterangan leasing. Dari surat keterangan tersebut akan disertakan fotokopi BPKB asli dan STNK asli yang juga difotokopi. Bila sudah dapat surat keterangan tersebut, maka salah satu kelengkapan sudah dipenuhi.

  1. Identitas Diri (KTP asli)

Persyaratan berikutnya harus memiliki identitas diri (KTP). Apabila KTP sedang dalam kondisi tertentu seperti hilang atau tertahan di suatu tempat karena sesuatu, datanglah ke kantor polisi terdekat untuk meminta surat keterangan hilang.

Identitas diri bukan hanya identitas kita yang akan balik nama, namun juga identitas dari pemilik mobil sebelumnya. Apabila tidak memiliki identitas asli, bisa juga memakai fotokopi KTP pemilik sebelumnya.

Apabila tidak bisa mendapatkan identitas diri pemilik sebelumnya, siap-siap saja biaya yang akan dikeluarkan nanti akan lebih banyak. Oleh karena itu buat perjanjia pada saat pembelian kendaraan agar dapat menggunakan identitas pemilik sebelumnya untuk segala keperluan yang berkaitan denganĀ  kendaraan tersebut.

  1. Kuitansi Pembelian Dengan Materai Rp000,-

Kuitansi pembelian motor berfungsi untuk mengetahui bahwa benar adanya perpindahan kepemilikan kendaraan tersebut. Dengan menyertai materai Rp6.000,- dapat dipastikan transaksi tersebut dilakukan dengan sangat sadar. Apabila syarat ini sudah terpenuhi maka proses balik nama dapat pindah ke tahap berikutnya.

 

Apabila kalian sudah melakukan proses balik nama dan semua surat telah diganti menjadi atas nama kalian sendiri, maka kalian sudah bisa menjadi pemilik mobil bekas tersebut secara sah.

Terkait tempat untuk membeli mobil bekas, dapat dilakukan secara online melalui situs resmi penjualan mobil bekas atau bisa juga dengan melakukan transaksi langsung. Salah satu tempat jual beli mobil bekas secara langsung adalah pasar mobil bekas di Bandung, yang terletak di area Lotte Mart, Jl. Soekarno-Hatta no. 646.

Tempat tersebut berupa area parkir luas, di mana penjual dapat langsung memarkirkan kendaraan dan bertemu lansung dengan pembeli. Terdapat panitia yang mengatur tempat memarkirkan mobil yang akan di jual.

Pasar mobil bekas tersebut buka setiap hari dan penjual bisa dari segala kalangan. Pembeli dapat bernegosiasi langsung dengan penjual dan melakukan test drive. Untuk pembelian secara langsung seperti di Bandung ini, perlu ketelitian terkait surat-surat. Pastikan mobil yang akan dibeli mempunyai surat-surat seperti yang telah dipaparkan di atas.

 

Sumber Gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=http%3A%2F%2Fmodifikasinet.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2016%2F10%2FMobil-Bekas-Dibawah-Rp-20-juta.jpg&f=1

Be the first to comment on "Pastikan Kelengkapan Surat-surat Berikut Jika Ingin Membeli Mobil Bekas di Bandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*