Pie Susu: Camilan Cantik, Nikmat, dan Tanpa Repot

Pie Susu atau egg tart awalnya berasal dari Eropa, ada pula yang mengatakannya dari Inggris dan Portugis. Intinya, bukan dari Bali, ya. Oleh-oleh khas yang satu ini adalah hasil adopsi dari berbagai tempat. Rumit jika kita mencari tahu asal muasal dari pie susu, jadi lebih baik membuat dan menikmatinya saja, ya. Nah, bagaimana cara membuat pie susu yang nikmat dan tanpa repot. Yuk, simak caranya di bawah ini.

Pie susu terdiri atas dua bagian, yaitu kulit dan isi. Hal yang menjadi istimewa adalah bagaimana bisa membuat kulit pie susu sebagai dasar terasa renyah atau kering. Lalu, untuk isiannya sekarag juga bisa divariasikan dengan berbagai rasa, bukan hanya original dengan bahan dasar telur, lho. Yuk, langsung saja kita praktikan membuat pie susu yang sederhana dan istimewa.

Pie Susu Sederhana

Pie susu sederhana ini hanya membutuhkan 4 bahan untuk masing-masing adonan (kulit dan isi).

Bahan kulit

  • ¼ kg tepung terigu serbaguna.
  • 50 gram butter dengan kualitas bagus.
  • 75 gram margarin dengan kualitas bagus.
  • 1 sdm gula halus (atau sesuai selera).

Bahan Isi

  • 3 buat kuning telur ayam.
  • 200 gram kental manis.
  • ¼ sdt vanila cair (sebagai perasa).
  • 10 ml air matang.

Cara Membuat

  1. Bekukan butter dan margarin di dalam freezer. Setelah beku potong kotak-kotak atau seukuran dadu.
  2. Campurkan tepung terigu dan gula dalam wadah.
  3. Masukkan potongan margarin dan butter ke dalam wadah pada langkah kedua. Aduk dengan sendok kayu sampai rata, lalu bulatkan (agar tidak berantakan atau rapi).
  4. Siapkan cetakan pie. Olesi cetakan dengan margarin agar tidak lengket.
  5. Ambil adonan kulit, lalu pipihkan dengan gilingan atau rolling pan dan letakkan di cetakan sampai habis.
  6. Siapkan isian pie susu. Masukkan kental manis, vanila, kuning telur, dan air, lalu aduk dengan menggunakan kocokan telur sampai rata. Ini juga berlaku untuk isian dengan bahan lain, seperti cokelat, nanas, atau strawberry.
  7. Saring adonan supaya didapat isian yang halus dan lembut.
  8. Masukkan ke dalam cetakan pie sampai habis.
  9. Masukkan ke dalam oven dan panggang sampai matang, kurang lebih selama 40—50 menit. Jika tidak memiliki oven bisa juga menggunakan teflon. Jika menggunakan teflon, upayakan api yang digunakan kecil dan tutup teflon setelah adonan dimasukkan, lalu biarkan sampai matang merata.
  10. Untuk mengecek apakah kue sudah matang, cobalah tusuk bagian tengah, jika masih lembek dan lengket jangan diangkat lebih dahulu. Tunggu hingga keseluruhan bagian kering dan tidak lengket. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu dan pie susu siap disajikan.

Jadi, mau menggunakan teflon ataupun oven dan dengan isian apapun, hal yang harus diperhatikan dalam membuat pie susu adalah ketepatan menakar bahan serta melakukan langkah demi langkah dengan teliti. Bahan dan langkah membuat pie susu memang sederhana, nah hasil kerja dipengaruhi oleh si pembuat. Semakin baik dalam melakukan langkah demi langkah, tidak mustahil untuk mendapat pie susu dengan rasa dan selera sesuai keinginan. Tentunya, jangan menyerah jika baru sekali membuat, tetapi hasilnya belum memuaskan. Teruslah mencoba dan lakukan evaluasi pada langkah kerja yang kamu lakukan. Selamat mencoba!

Sumber gambar:

https://www.omiyago.com/239-thickbox_default/pie-susu-cap-enak-20pcs.jpg

 

Be the first to comment on "Pie Susu: Camilan Cantik, Nikmat, dan Tanpa Repot"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*