Resep Membuat Cimol: Jajanan Khas Bandung

Bandung tidak hanya dikenal sebagai Kota Kembang, tetapi Bandung ternyata memiliki beraneka ragam jajanan yang khas dari daerah tersebut. Sebagian dari jajanan dari Bandung tersebut sudah tersebar ke segala penjuru Nusantara. Salah satu jajanan khas Bandung yang banyak digemari adalah cimol. Jajanan ini hampir bisa ditemukan di sekolah-sekolah, khususnya di Pulau Jawa. Selain sebagai jajanan anak sekolah, cimol ternyata juga cocok sebagai camilan di rumah. Penasaran, bagaimana cara membuat cimol? Simak uraiannya berikut ini!

Cimol merupakan singkatan dari aci digemol yang berasal dari bahasa Sunda. Makanan ringan ini terbuat dari bahan utama berupa tepung kanji atau tepung terigu. Makanan ini paling nikmat disantap saat masih hangat. Cara membuat cimol goreng cukup sederhana sehingga dapat Bunda praktikkan sendiri di rumah.

Resep Membuat Cimol

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cimol goreng adalah sebagai berikut:

  1. 9 sendok makan tepung beras yang sudah diayak;
  2. 900 gram tepung kanji atau tepung tapioka;
  3. 1,5 sampai 2,5 sendok makan baking soda atau soda kue;
  4. 6 sendok makan tepung terigu;
  5. garam secukupnya;
  6. 700 ml air;
  7. merica bubuk secukupnya; dan
  8. minyak goreng.

Setelah bahan-bahan untuk membuat cimol sudah siap, kemudian lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, tepung beras, garam, dan sedikit merica secara merata.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit dalam adonan sambil tetap diaduk.
  3. Setelah adonan sudah kenyal, masukkan baking soda atau soda kue.
  4. Bentuklah adonan dalam bentuk bulatan-bulatan kecil seperti kelereng.
  5. Siapkan wajan yang diisi minyak goreng, kemudian hidupkan dengan nyala api yang kecil.
  6. Setelah minyak goreng panas, gorenglah cimol hingga matang.

Itulah resep membuat cimol. Bagaimana, cukup mudah, bukan? Jika ingin lebih nikmat, cimol yang sudah digoreng bisa ditaburi dengan bumbu tabur dengan aneka rasa ataupun ditambahkan dengan saus. Sajikanlah cimol pada piring dan cimol siap disantap oleh seluruh anggota keluarga.

Selain cimol, ternyata ada jajanan khas Bandung lainnya yang juga cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan untuk keluarga. Mau tahu, makanan khas Bandung apa saja yang cocok dijadikan camilan di rumah? Yuk, langsung simak urainnya berikut ini.

Pisang Cokelat

Selain cimol, jajanan lain yang sering kita temukan di sekolah-sekolah adalah piscok atau pisang cokelat. Piscok adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar berupa pisang yang dilumeri dengan cokelat, kemudian dibungkus dengan kulit lumpia, lalu digoreng. Piscok ini akan benar-benar nikmat jika dimakan selagi panas. Cokelat yang lembut akan membuat lidah kamu ketagihan dengan jajanan ini.

Siomay Bandung

Jajanan lainnya yang banyak kita temukan adalah siomay. Siomay Bandung ini terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan sagu dan disajikan dengan bumbu kacang. Jajanan ini sangat populer dan hampir dapat kita temukan di semua penjual jajanan yang berada di pinggir jalan.

Cireng

Jajanan yang tak kalah populer dengan cimol adalah cireng. Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Sama dengan cimol, cireng juga terbuat dari tepung kanji. Jajanan ini sangat terkenal sejak tahun 80-an. Cireng terbuat dari tepung kanji, tepung terigu, merica, air, garam, kedelai, daun bawang, serta minyak goreng. Agar lebih nikmat, cireng sangat cocok dimakan saat hangat dan ditemani dengan saus sambal.

Batagor

Jajanan batagor masih bersaudara dekat dengan siomay. Biasanya, penyajian batagor ini juga ditemani dengan siomay sehingga tak mengherankan jika banyak penjual yang menjual siomay sekaligus batagor. Batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Batagor terbuat dari adonan ikan dan tepung kanji yang digoreng, kemudian penyajiannya ditambahkan dengan saus kacang dan perasan jeruk limau.

Basreng

Basreng merupakan singkatan dari bakso digoreng. Seperti namanya, jajanan ini terbuat dari bakso yang diolah menjadi gorengan. Bakso goreng ini akan lebih nikmat apabila ditambahkan dengan bumbu tabur yang beraneka rasa. Aneka rasa dari bumbu tabur bakso goreng, antara lain, rasa keju, asin, pedas, dan manis.

Itulah lima jajanan khas Bandung yang juga banyak kita temukan di pinggir jalan dan sekolah-sekolah. Kelima jajanan tersebut tak kalah populer dengan cimol dan cocok pula dijadikan menu camilan untuk keluarga.

Sumber Gambar

sipendik.com

img.qraved.co

Be the first to comment on "Resep Membuat Cimol: Jajanan Khas Bandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*