Sejarah Perkembangan Situs Belanja Online Dunia

Sejarah Perkembangan Situs Belanja Online Duniadalam jual beli online, kepercayaan tentu menjadi hal yang vital. Tanpa hal tersebut, tentu transaksi tidak akan berjalan. Kepercayaan dalam jual beli online ini semacam norma bermoral yang menjadi roh penggerak dalam bisnis ini.

Jual beli secara online memang dirasa unik. Banyak hal yang menjadikan anda lebih hemat. Diantaranya waktu, tenaga dan juga uang tentunya. Selain itu, banyak hal yang bisa ditemukan dari berburu belanjaan lewat situs belanja online ini, ketimbang berkeliling di dunia nyata, anda dapat mendapatkan/ setidaknya mengetahui ada banyak sekali barang yang bisa didapatkan informasinya hanya lewat laptop atau PC anda.

Lalu dari mana sih datangnya ide berbelanja online ini? Dan siapa yang pertama kali melakukan belanja online ini? Siapakah situs belanja online pertama kali itu? Kalau melihat sejarahnya, jual beli secara online berawal dari ditemukannya EDI (elektronik data interchange) pada tahun 1960. Pada era ini, sistem transaksi elektronik masih sangat jarang digunakan oleh para pengguna internet secara luas seperti saat ini. Namun perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan EDI seperti perusahaan kereta api dan beberapa perusahaan transportasi lainnya.

Barulah pada tahun 1979, Michael Aldrich dari Redifon Computer melakukan jual beli online  pertama kali di Inggris dengan cara menyambungkan televisi berwarna dengan komputer yang mampu memproses transaksi secara real time melalu kabel telepon. Satu tahun kemudian, Aldrich menjual sistem belanja temuannya itu, ke seluruh penjuru Inggris. Michael memiliki keyakinan bahwa teknologi TV domestik yang dimodifikasi dengan desain antar muka komputer serta manusia berbasis menu sederhana, adalah sesuatu hal yang baru, berlaku secara universal serta merupakan media komunikasi yang partisipatif.

Semenjak itu, sistem belanja online ini secara luas digunakan di Inggris dan berbagai negara di daratan Eropa seperti Perancis. Namun saat itu yang dipasarkan bukanlah barang elektronik maupun fashion, tetapi mobil-mobil buatan Peugeot, Nissan dan General Motors.

Gerakan situs online yang dimulai online ini bermula ketika tahun 1992, Charles Stack membuat toko buku online. yang diberi nama Book Stack Unlimited yang kemudian berkembang menjadi Books.com. Langkah ini selang dua tahun kemudian yaitu pada 1994 diikuti oleh Jeff Bezos yang akhirnya mendirikan Amazon.com. Serta Pizza Hut yang juga menggunakan media online guna memasarkan produk-produk mereka. Masih di tahun itu juga, Netscape memperkenalkan SSL Encryption Of Data Transferred Online. Mereka menyadari, kalau dalam hal jual beli online media transaksi (E-commerce) menjadi hal yang penting agar terhindar dari pembobolan.

Dua tahun usai Amazon nongol dan Netscape memperkenalkan sistem mereka, eBuy muncul ke permukaan pada 1996. Dan kini telah menjadi salah satu toko online terbesar di dunia.

Be the first to comment on "Sejarah Perkembangan Situs Belanja Online Dunia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*