Siapkan Biaya Haji dengan Baik Selagi Anda Masih Muda

Semua umat muslim yang berada di dunia pasti memiliki keinginan menjalankan rukun Islam secara sempurna. Di dalam rukun Islam disebutkan menunaikan ibadah haji. Ibadah haji adalah impian untuk semua umat. Namun kenyataannya melaksanakan ibadah haji ini harus disiapkan berbagai macam kebutuhan yang penting, selain dari sisi rohani dan jasmani, dari segi biaya juga harus diperhitungkan. Memang, biaya haji memang tidak kecil. Namun, bukan berarti yang bisa menunaikan ibadah haji hanya orang yang berkecukupan.

Bila dilihat dari segi ekonomi, sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi yang berada di kalangan menengah ke bawah seperti merasa putus asa menjalankan ibadah hingga ke tanah suci, hal ini dikarenakan oleh faktor biaya, mirisnya, untuk kalangan menengah malah menyepelekan dan tidak menyisihkan dana dari jauh-jauh hari, akibatnya ibadah haji tidak terlaksana. Sebetulnya, melakukan ibadah haji akan lebih mudah jika Anda melakukan perencanaan keuangan dengan baik karena investasi dana haji tidak sesulit seperti yang kita bayangkan. Terlebih dulu, Anda harus memilih jenis keberangkatan yang Anda inginkan. Sekarang ini di Indonesia terdapat Ongkos Naik Haji atau ONH biasa dan plus.

Adakah perbedaan biaya haji untuk ONH reguler dan ONH plus? Tentu saja terdapat perbedaan. Untuk ONH reguler biasanya biaya standar yang diterapkan pemerintah, untuk ONH plus, memberi fasilitas yang lebih lengkap, untuk biaya tergantung dari daerah mana mereka berasal. Untuk ONH reguler, agar bisa memperoleh porsi haji, Anda harus memberi setoran awal sebesar Rp 25 juta, pada bank yang ditunjuk oleh Departemen Agama, dan sisa biaya dapat ditransfer yang mengikuti BIPH yang sudah ditetapkan oleh DPR. Setiap tahunnya biaya ini mengalami kenaikan mengikuti kenaikan biaya penerbangan, pemondokkan, dan biaya hidup dari masing-masing orang. Bila nominal Rp 25 juta semakin lama dikumpulkan, akan semakin lama pula Anda mendaftar.

Baca Juga:Bisnis Terkini Sebagai Solusi Mengurangi Pengangguran Dan Mengasah Kemampuan Berwirausaha

Dengan kata lain, Anda harus menyiapkan sisa biaya sesuai dengan tahun keberangkatan haji, tetapi untuk ONH Plus, Anda harus menyiapkan dana awal hingga USD 5.000 pada umumnya dibagi untuk travel ONH plus serta BPIH. Jika Anda sudah mendapatkan porsi haji, Anda harus membayar lunas biaya secara keseluruhan mulai dari USD 9.000 hingga USD 12.500 bergantung dari travel haji yang Anda pergunakan.

Untuk bisa menyanggupi biaya haji ini, Anda harus bisa memilih produk keuangan untuk investasi haji entah dari tabungan emas, deposito hingga tabungan haji. Saran yang paling baik ialah tabungan haji karena produk ini tidak menggunakan fasilitas ATM sehingga Anda tidak bisa mengambil sewaktu-waktu dan tidak dipotong oleh biaya administrasi. Karena tidak dapat diambil sewaktu-waktu, dana ini akan aman dari tangan manusia yang sering boros. Tabungan ini hanya bisa diambil saat sudah mencapai jangka waktu tertentu.

 

Be the first to comment on "Siapkan Biaya Haji dengan Baik Selagi Anda Masih Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*