The Legend Reborn, Lahirnya Smartphone Nokia 6 2018

Siapa sih yang ngga tau Nokia? Brand ini dulu sempat merajai dunia smartphone di tanah air. Tapi keputusannya menggunakan sistem adopsi Windows dianggap banyak orang sebagai keputusan yang salah dan ternyata itu benar. Nokia berbasis Windows yang menggunakan nama Lumia akhirnya dimatikan oleh Microsoft karena kurang bisa bersaing dengan hp-hp lain yang bersistem android dan iOS, dan setelah lepas dari Microsoft, Nokia balik lagi dengan hp berbasis android. Harga Nokia 6 saat ini dibanderol dengan harga Rp1.500.000.

Pertama kali menggunakan hp ini, hp langsung berasa ada di kelas yang berbeda, terutama untuk urusan built quality. Kualitasnya beneran top notch banget, desain, dan body-nya yang metal memang terlihat agak kaku dengan banyak sekali sudut tegas yang bercampur, tapi sudut tegas di setiap sisi ini justru semakin mantap untuk dipegang, jauh dari kesan licin lah. Di bagian kanan atas layar, kita akan melihat logo Nokia yang legendaris. Di bagian layar, built quality-nya juga terasa bagus dengan adanya dua setengah decof glass yang dipadukan dengan lapisan oliophobic, ketika kita mengusap layar 5,5 inci beresolusi full HD ini sudah pasti sangat menyenangkan sekali. Feel-nya seperti mengusap layar hp mahal gitu, smooth banget. Suer! Gaboong! Kekurangan yang saya rasakan ada pada bagian kontrasnya. Saat kita berada pada sinar matahari, layarnya justru tidak terlihat optimal. Padahal, brightness-nya sudah saya naikkan ke level maksimal. Nokia 6 2018 ini juga sudah dilengkapi dengan dua capacitive yang sudah dilengkapi LED, alhasil ini enak banget buat kamu yang suka main hp di tempat yang kurang cahaya, ga bakal salah pencet lagi deh!

Dari segi dalaman mesin, Nokia 6 ini memiliki mesin yang cukup baik di mana ia memiliki chipset snapdragon 430 dengan GPU Octa Core 1,4 GHz dan memiliki GPU Adreno 505. Ya, dapur pacu ini cukup untuk memainkan game MOBA maupun simulasi. Kemudian, untuk sistem operasinya, kali ini Nokia 6 menggunakan sistem android Noughat 7.1, namun pihak Nokia menjamin bahwa Nokia 6 ini mampu di-upgrade ke sistem operasi android Oreo 8.0. untuk memori internalnya sendiri terapat dua versi. Pertama adalah internal memori 32 GB dengan memori jangka pendek (RAM) sebesar 3 GB. Versi kedua adalah internal memori 64 GB dengan RAM sebesar 4 GB. Nokia 6 ini juga memiliki slot kartu SD yang mampu menampung hingga 256 GB. Untuk kartu SIM, ia menggunakan hybrid slot SIM card, di mana kamu bisa memilih apakah kamu akan menggunakan dual SIM card ataupun single SIM card dengan ditambahkan eksternal memori. Tergantung pilihanmu. Dari segi baterainya, Nokia 6 ini menggunakan baterai tanam dengan kapasitas 3000 mAh, mereka mengklaim bahwa Nokia ini mampu bertahan selama 18 jam. Cukup lama bukan?

Pada segi kameranya, kualitasnya tidak diragukan lagi. Dan menurut saya ini merupakan salah satu keunggulan Nokia 6, di mana ia mempunyai kamera depan sebesar 8 megapiksel ber-aperture 2.0 dan 16 megapiksel untuk kamera belakang ber-aperture yang sama. Untuk kualitas foto yang ditangkap masuk kategori bagus, detail warna yang ditangkap cukup mengesankan terus dynamic range-nya juga ga terlalu sempit, dan ada menu HDR auto juga supaya kita dapat menangkap foto lebih baik. Foto yang ditangkap ketika malam hari pun cukup bagus, di mana tidak terlalu banyak intensitas noise yang muncul. Untuk urusan perekaman video, Nokia 6 bisa merekam video dengan resolusi full HD. Ketika minim cahaya dan di malam hari, kualitas suara yang direkam pun tergolong bagus.

Jadi, tertarikkah kamu untuk membeli Nokia 6? Di mana harga hp Nokia 6 ini cukup terjangkau

Sumber gambar: duckduckgo.com

Be the first to comment on "The Legend Reborn, Lahirnya Smartphone Nokia 6 2018"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*