Tips Belanja Cerdas Bagi Anda yang Doyan Shopping

Tips Belanja Cerdas Bagi Anda yang Doyan Shopping

Beberapa orang, belanja adalah hobi tersendiri. Berkeliling mall sekaligus melihat begitu banyak barang menarik memang bisa melepaskan stress dan penat. Ketika belanja, rasanya sangat menyenangkan. Bahkan ketika stress melanda, obat yang dirasa paling ampuh adalah belanja. Hal ini memang wajar terjadi. Namun bukan hal wajar bila kebiasaan ini malah berubah menjadi hobi. Tentu saja hal tersebut membuat Anda menjadi boros dan mengganggu kondisi keuangan. Bisa-bisa, uang habis terkuras hanya untuk belanja. Agar kegiatan belanja tidak menjadi hal yang merugikan, berikut beberapa tips belanja yang dapat Anda lakukan.

Tips Belanja Cerdas Bagi Anda yang Doyan Shopping

Ketahui Berapa Pendapatan Anda yang Sebenarnya

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum memenuhi hasrat belanja adalah mengetahui berapa besar pendapatan rutin yang Anda terima setiap bulannya. Hal tersebut penting karena pemasukan setiap bulan adalah dasar dari hobi belanja tersebut. Bila pendapatan yang Anda miliki pas-pasan, jangan pernah memaksakan diri untuk selalu belanja. Lebih baik Anda berbelanja barang-barang yang benar-benar menjadi kebutuhan utama setiap bulan.

Siapkan Uang Belanja Secara Realistis

Hal yang tak kalah penting ialah menganggarkan uang untuk kebutuhan belanja. Pastikan anggaran untuk belanja sebisa mungkin dengan jumlah yang masuk di akal. Di bagian inilah pentingnya membuat sebuah daftar belanja. Apa saja kebutuhan yang akan Anda beli. Pastikan untuk belanja benar-benar dipergunakan untuk membeli barang-barang pokok lebih dulu sedangkan untuk kebutuhan yang lain dapat dipenuhi sesudah barang utama sudah dibeli.

Saat Belanja, Fokus Hanya Pada Salah Satu Tempat

Tips belanja yang berikutnya adalah fokus pada salah satu tempat. Apakah Anda pernah di pertengahan jalan dan tiba-tiba berubah pikiran dengan mampir di toko tertentu? Padahal rencana awal Anda ialah membeli kebutuhan pokok di tempat lain. Inilah pokok masalah, mengapa rencana belanja Anda menjadi berantakan. Kegiatan belanja yang dilakukan lebih dari satu tempat, biasanya akan menyebabkan terjadinya pembengkakan budget lebih dari yang direncanakan. Oleh sebab itu, setiap pergi belanja, usahakan fokus pada tempat yang akan dituju.

Rajin Membandingkan Harga

Cara paling cerdas dalam mengatur keuangan agar selalu stabil adalah rajin membandingkan harga barang yang akan Anda beli. Bahkan, Anda harus membandingkan harga barang di berbagai ecommerce. Cari di pusat perbelanjaan, mana yang memberi harga lebih murah, apalagi ditambah dengan adanya promo atau diskon. Walaupun produk tersebut adalah barang yang sama, tetapi karena tempatnya berbeda, harga barang pasti akan berbeda pula.

Bawa Uang Secukupnya

Tips belanja yang terakhir adalah membawa uang secukupnya. Seringnya pemborosan uang belanja terjadi saat kita membawa uang dengan jumlah lebih dari yang diperlukan ketika belanja. Karena merasa masih mempunyai banyak uang, kita menjadi terus menerus ingin mengeluarkan sejumlah uang. Sehingga, hindari membawa uang dalam jumlah berlebihan bila tak ingin uang habis begitu saja.

 

Be the first to comment on "Tips Belanja Cerdas Bagi Anda yang Doyan Shopping"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*