Tips Belanja Cermat Agar Tak Rugi

Tips Belanja Cermat Agar Tak Rugi

Penjual mempunyai berbagai macam cara agar memikat hati pembeli. Contohnya dengan menerbitkan program promo, diskon hingga sale. Jika Anda menemukan diskon dadakan, hindari langsung tertarik atau melakukan pembelian. Anda harus ingat jika harga promo tetap bisa membengkakan kantong. Hidup hemat adalah hal penting untuk dilakukan. Ada beberapa tips belanja, agar Anda bisa hidup dengan hemat.

Tips Belanja Cermat Agar Tak Rugi

Jangan Langsung Tertarik Belanja

Apa yang membuat Anda langsung membeli sebuah produk? Biasanya, seseorang membeli sebuah produk karena harga yang ditawarkan. Prinsip ini tidak berlaku untuk setiap produk yang diperlukan, contohnya produk yang digunakan sehari-hari. Lebih baik pilih produk yang benar-benar berkualitas walaupun harganya lebih mahal. Untuk apa membeli barang murah namun berujung pada kerusakan atau hanya bisa digunakan dalam beberapa kali pemakaian?

Jangan Terlalu Mudah Mengeluarkan Uang Hanya Karena “Diskon”

Tips belanja yang kedua adalah jangan mudah mengeluarkan uang hanya karena embel-embel diskon. Ketika musim gajian datang, biasanya sebagian orang akan menghabiskan uang di pusat perbelanjaan. Pada waktu bersamaan, banyak vendor membuka diskon besar-besaran untuk menarik minat pembeli, tak tanggung-tanggung karena diskon yang diberikan mencapai 75%. Pasti siapa pun langsung membeli tanpa memikirkan, apakah barang tersebut benar-benar digunakan atau tidak. untuk menghindari jebakan diskon, pikirkan apakah barang tersebut benar-benar digunakan.

Selalu Perhatikan Jangka Waktu Promo

Tips belanja berikutnya adalah perhatikan periode promo. Promo memang begitu menggiurkan dan membuat kita ingin mencoba sebuah produk. Tidak ada salahnya, tetapi pikirkan bagaimana Anda dapat bertahan dengan produk yang sama jika promo sudah berakhir. Contohnya seperti perawatan tubuh. Oleh sebab itu siapkan dana lebih bila ingin tetap menggunakan produk yang sama

Gunakan Kartu Kredit

Banyak orang yang tak mau menggunakan kartu kredit. Hal tersebut m emang benar bila penghasilan selalu terbatas. Tetapi, jika Anda bisa mengalokasikan pendapatan dengan baik, Anda tetap bisa menggunakan kartu kredit. Asalkan, bayar kartu kredit tepat waktu sesuai dengan tanggal tagihan. Anda akan memperoleh kesempatan untuk menikmati berbagai macam fasilitas seperti promo, voucher, diskon dan yang lainnya.

Minimalkan Pengeluaran

Tips belanja yang terakhir adalah minimalkan pengeluaran. Meminimalkan pengeluaran tentu sangat dianjurkan. Tetapi, hindari meminimalkan pengeluaran untuk kebutuhan primer seperti makan, transportasi dan berbagai pengeluaran penting yang lain. Jika Anda sekarang mengurangi porsi makan Anda dibandingkan dengan biasanya, dampak buruknya adalah Anda menjadi lebih lapar dan akhirnya belanja snack demi memuaskan diri. Pengeluaran malah semakin besar dibandingkan dengan biasanya.

Berhemat memang harus dilakukan, namun tetap berhemat dengan sewajarnya. Jika ingin melakukan pola hidup hemat, Anda bisa mulai dengan berbelanja barang atau kebutuhan secara cermat. Hindari menekan pengeluaran dengan terlalu berlebihan karena dapat membuat diri semakin boros.

 

Be the first to comment on "Tips Belanja Cermat Agar Tak Rugi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*