Tips Mengenali Produk Halal di Pasaran

Umat muslim di seluruh dunia manapun telah diperintahkan oleh agama untuk mengkonsumsi dan menggunakan segala jenis produk yang halal dimana tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Hal inilah yang kini menjadi sebab mengapa banyak sekali umat muslim yang semakin kritis dalam menentukan halal dan haram nya suatu produk. Meski di Indonesia ini banyak produk halal yang dijual di pasaran, namun produk haram pun juga banyak sehingga tetap harus dicermati secara keseluruhan.

Mengingat mayoritas warga Indonesia adalah umat muslim, maka pemerintah pun memfasilitasi dengan adanya situs yang menyediakan daftar produk halal di pasaran yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI. Produk ini memiliki sertifikat halal dengan logo hijau dan berada di bagian sisi kanan aras. Namun hal ini juga bukan mengartikan bahwa setiap produk yang tidak memiliki label juga selalu haram.

Berdasarkan aturan di dalam Islam, definisi dari produk yang halal adalah sebagai berikut:

  • Tidak mengandung bahan yang berasal dari babi.
  • Tidak mengandung bahan yang berasal organ manusia seperti darah, kotoran dan lainnya.
  • Semua bahan adalah berasal dari hewan yang halal dan disembelih dengan aturan syariat Islam.
  • Semua tempat baik penyimpanan, penjualan, pengolahan hingga transportasinya tidak boleh dipakai untuk babi dan jika sudah pernah dipakai untuk babi atau barang haram lain, maka harus dibersihkan sesuai aturan Islam.
  • Semua produk tidak mengandung unsur khamr.

Baca Juga: Hukum Menjalankan Bisnis Online Menurut Islam

Dengan adanya definisi tersebut, maka sudah jelas mana produk yang halal dan produk haram. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips untuk mengenali produk yang halal di pasaran:

  • Cermati komposisi produknya. Anda perlu memperhatikan komposisi produk yang Anda beli, terutama makanan dimana tidak boleh mengandung babi, anjing dan hewan haram lainnya meskipun sedikit. Periksa kembali jika memiliki kandungan BACON, BTS BACON, Hog, HAM, PEPSIN maka tergolong haram. Untuk kejelasan nya bisa cek kembali sumber lengkapnya.
  • Untuk pembelian daging di supermarket, maka usahakan bahwa supermarket tersebut telah memiliki sertifikat halal dari rumah potong hewan yang resmi.
  • Hindari rumah makan atau restoran yang terlihat meragukan dan alangkah lebih baik jika memilih restoran yang sudah jelas kehalalannya, misalnya restoran yang memiliki sertifikat halal MUI.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan produk yang halal. Dalam hal ini diperlukan kesadaran dan pastinya kecermatan dalam pemilihan. Tips tersebut bisa juga Anda terapkan ketika berada di luar negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim. Jika perlu tanyakan kepada pedagang apakah produk yang dijual halal atau tidak sehingga lebih mantap dalam pembelian. Dengan konsumsi dan penggunaan produk halal, maka hidup pun serasa lebih tenang dan berkah.

 

Be the first to comment on "Tips Mengenali Produk Halal di Pasaran"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*