Tips Sukses Menulis

Menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan, akan tetapi banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menulis terutama dalam mengawali sebuah tulisan, berikut ini adalah tips sukses menulis yang dapat membantu kita dalam membuat sebuah tulisan. Tips sukses menulis ini adalah tips dari George Orwell, seorang penulis besar dari negara inggris.

Berikut ini adalah tips sukses menulis menurut George Orwell. Selama hidupnya, Orwell secara terus menerus menopang hidupnya sebagai pengulas buku, pekerjaan menulis yang begitu lama dan menakjubkan sehingga memengaruhi dunia kritik sastra. Dalam kesimpulan perayaan esainya tahun 1940 tentang Charles Dickens, seseorang mungkin akan melihat Orwell sendiri dengan:

“Ketika seseorang membaca karya seseorang yang begitu kuat, seseorang memiliki impresi bahwa Ia melihat wajah di suatu tempat di belakang halaman yang Ia baca. Tidak harus wajah si penulis. Aku merasakan hal ini dengan begitu kuat ketika membaca (karya) Swift, Defoe, Fielding, Stendhal, Thackeray, Flaubert, meskipun dalam beberapa kasus Aku tidak tahu bagaimana rupa orang-orang ini dan tidak mau tahu. Apa yang seorang lihat adalah wajah yang harus dimiliki si penulis. Tapi, dalam kasus Dickens Aku melihat wajah yang sepertinya bukan wajah dalam foto Dickens, walaupun menyerupai. Yang kulihat adalah wajah seorang laki-laki berusia empat puluh tahunan, dengan sedikit janggut dan warna terang. Lelaki itu tertawa, dengan sedikit nada amarah dalam tawanya, tetapi tanpa rasa kemenangan. Itu adalah wajah seorang lelaki yang selalu melawan suatu hal, namun yang melawan secara terbuka dan tidak takut, wajah lelaki yang begitu marah — dalam lain kata, seorang liberal abad ke-19, seorang intelektual yang bebas, tipe yang dibenci dengan rasa benci yang sama oleh semua ortodoksi kecil busuk yang saat ini berputar-putar merasuki jiwa kita.”

Aturan untuk penulis

Dalam “Politics and the English Language,” George Orwell memberikan enam aturan untuk penulis:

  • Jangan pernah gunakan metafora, simile, atau ungkapan yang biasa kita lihat pada karya cetak.
  • Jangan pernah gunakan kata panjang jika bisa menggunakan kata pendek.
  • Jika mungkin menghapus sebuah kata, hilangkanlah.
  • Jangan pernah gunakan suara pasif ketika kita bisa gunakan bentuk aktif.
  • Jangan pernah gunakan frasa bahasa asing, istilah saintifik, atau jargon jika kita bisa menemukan persamaannya dalam bahasa Inggris sehari-hari.
  • Langgarlah aturan-aturan ini secepatnya daripada mengatakan sesuatu dengan barbar.

Demikianlah tips sukses menulis dari george orwell seorang penulis besar berkebangsaan inggris, semoga tips tips sukses menulis tersebut dapat membantu kita dalam membuat sebuah karya tulis. Akan yang tetapi yang perlu dingat adalah semua tips sukses menulis akan menjadi percuma jika tidak ada keinginan yang kuat dari diri sendiri.

Be the first to comment on "Tips Sukses Menulis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*