Waspada Berita Hoax Dapat Mencuci Otak Anda

Semakin teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, justru banyak orang yang menyalahgunakan perkembangan teknologi dengan cara yang tidak benar yang dapat menimbulkan kericuhan dengan adanya berita yang tidak benar atau disebut sebagai berita hoax atau berita palsu yang saat ini telah menjadi pusat perhatian dari banyak pihak. Karena kurangnya hukum yang berlaku di Indonesia, sehingga banyak orang yang menyebarkan berita palsu dengan seenaknya sendiri tanpa memikirkan dampak negatifnya.

Berita palsu tersebut diberikan kepada orang yang tidak mengetahui asal usul berita secara jelas yang mana isi dari berita palsu tersebut untuk menghasut atau membenci pada sesuatu yang ada di beberapa kalangan. Untuk terhindar dari berita palsu tersebut, maka Anda pun haruslah menjadi masyarakat yang pandai untuk mengetahui cirri-ciri berita palsu, hal ini wajib untuk Anda ketahui agar Anda tidak dibodohi oleh berita palsu yang dapat meracuni pikiran Anda.

Berikut ini ciri-ciri berita hoax yang dapat untuk Anda pelajari lebih dalam lagi, yaitu:

  • Adanya suatu ajakan agar berita tersebut menjadi viral.

Hindari kebencian sesama manusia, serta jangan mudah untuk percaya dengan berita yang tersebar luar di internet, karena hal tersebut belum tentu benar.

  • Tidak jelas.

Biasanya berita bohong yang tersebar di jejaring internet biasanya terdapat tulisan “sebarkan berita ini agar teman dan keluarga Anda mengetahuinya”.

  • Hoax foto.

Apabila hoax berupa foto, maka foto yang diambil hanya dari satu sudut pandang saja. Dan penyebar hoax akan memodifikasi foto tersebut dengan aplikasi pengedit foto.

Akhir-akhir ini memang sudah banyak berita palsu yang telah menjadikan banyak orang bingung untuk mempercayai yang mana, sedangkan antara berita palsu sulit untuk diketahui lebih rinci terlebih lagi bagi orang yang masih awam perihal dunia informasi, sehingga banyak pula orang yang terjebak oleh berita palsu yang dapat menimbulkan kebencian pada suatu kaum atau kalangan. Sehingga kita sebagai orang yang hidup di jaman modern ini haruslah waspada agar tidak memunculkan fitnah dan kebencian.

Karena semakin merajalelanya para penyebar berita hoax, maka pemerintah pun mulai mengambil langkah dengan cara melakukan pemblokiran dari berbagai pihak yang telah menyebarkan berita bohong. Karena dengan tersebar luas nya berita palsu yang belakangan ini terjadi telah membuat para masyarakat merasa resah, sehingga untuk mengantisipasi tersebarnya berita palsu yang sering ada di jejaring internet, maka tips mengenali ciri-ciri berita palsu yang ada di atas dapat untuk Anda pahami lebih dalam lagi, karena selain meresahkan masyarakat, berita palsu juga dapat mencuci otak orang agar membenci segala sesuatu yang menjadi viral akibat hoax.

 

Be the first to comment on "Waspada Berita Hoax Dapat Mencuci Otak Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*